Pasca Suksesnya Hajatan Rang Solok Baralek Gadang, ASN Pemko Solok Goro Bersama Bersihkan Lokasi

Pasca Suksesnya Hajatan Rang Solok Baralek Gadang, ASN Pemko Solok Goro Bersama Bersihkan Lokasi

Solok, (InfoPublikSolok) – Kekompakan yang diapungkan oleh jajaran Pemerintah Kota Solok layak diacungkan jempol dan dijadikan sebagai motifasi oleh kelompok masyarakat ataupun organisasi lainnya yang ada.

Setelah diintruksikan oleh Walikota Solok, Senin 26 September 2022 akhirnya seluruh jajaran ASN yang ada di Pemerintah Kota Solok mengikuti apel gabungan dan gotong royong (goro) bersama yang dipimpin oleh Wakil Walikota Solok Dr. H. Ramadhani Kirana Putra membenahi sampah-sampah yang ada di hamparan sawah solok, lokasi dan kawasan dilaksanakannya event besar Rang Solok Baralek Gadang.

Ratusan ASN pemko Solok terlihat membersihkan sekira dua ton jerami yang menjadi salah satu bahan dasar untuk mendekorasi seluruh tempat di event Rang Solok Balalek Gadang, serta membersihkan segala bentuk sisa bangunan baik berupa kayu ataupun potongan bambu.

Goro juga difokuskan untuk membersihkan pasak berupa paku yang tercecer baik dijalan atau disawah dengan mempergunakan magnet.

Tutur hadir pada kegiatan itu Sekretaris Daerah, Syaiful A, para asisten, kepala OPD dan jajaran, Jajaran PDAM kota Solok, masyarakat, serta pemilik lokasi (sawah) tempat dipusatkannya event Rang Solok Baralek Gadang.

Wawako Solok mengimbau kepada seluruh kepala OPD serta lembaga lainnya yang ada, untuk melakukan aksi bersih-bersih pasca event besar itu dilaksanakan.

Goro yang melibatkan seluruh instansi tersebut, terencana mulai dari pagi hingga sore hari, dan berkemungkinan besar, kegiatan akan tetap berlanjut hingga esok hari apabila tidak dapat dirampungkan.

“Ini bukan semata-mata tanggung jawab Dinas Pariwisata, melainkan menjadi tanggung jawab kita bersama, karena ini adalah alek urang Solok,” imbuh Ramadhani.

Lebih jauh, Wakil Walikota Solok menyampaikan, apapun bentuk kegiatan pemerintah yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, dilaksanakan secara bergotong-royong, dan ini merupakan tradisi yang telah diwariskan oleh para leluhur yang telah mendahului.

Menurut Ramadhani, budaya Goro yang telah diwariskan itu banyak mengandung nilai-nilai positif seperti kebersamaan, persatuan, rasa memiliki, rela berkorban, dan hidup bersosialisasi, dan telah terimplementasikan di dalam kehidupan masyarakat Kota Solok sampai saat ini.

Sebelumnya, pembukaan Rang Solok Baralek Gadang pada Kamis, 22 September 2022 dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, dan kegiatan ditutup secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi, Minggu, 25 September 2022. (sa)

Tags: