Paskibraka Kota Solok Studi Banding ke Kota Yogyakarta

Paskibraka Kota Solok Studi Banding ke Kota Yogyakarta

Yogyakarta, (InfoPublikSolok) – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Solok Tahun 2018 beserta tim pelatih dan pembina melakukan studi banding ke Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta selama tiga hari, 14-16 September 2018.

Rombongan disambut langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Pemuda, Drs. Wisnu Sanjaya, M.Eng didampingi oleh Kepala Seksi Kepemudaan Usni Eko Prabowo, SE, M.IP di ruangan pertemuan Balai Kota Yogyakarta, Jumat (14/9).

“Studi banding ini merupakan reward yang diberikan oleh Pemerintah Kota Solok kepada Paskibraka Tahun 2018, karena telah berhasil melakukan tugasnya saat pengibaran dan penurunan bendera detik-detik proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 2018 kemarin. Kami berharap Kota Solok dan Kota Yogyakarta dapat menjalin kerjasama yang lebih erat lagi baik dari segi pemuda, kewirausahaan maupun keolahragaan. Salah satunya tentang Paskibraka ini, banyak sekali ilmu yang akan kami serap dari tata cara pelaksanaan maupun sistem perekrutan anggota Paskibraka dari sekolah,“ kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok, Drs. Dodi Osmond, M.Si saat penyambutan.

Dalam sambutannya Kepala Bidang Pemuda Dispora Kota Yogyakarta, Drs. Wisnu Sanjaya, M.Eng mengucapkan selamat datang kepada rombongan Paskibraka Kota Solok yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok Drs. Dodi Osmond, M.Si.

“Kami sangat senang sekali atas kunjungannya, sebelumnya kami juga menerima kunjungan dari Paskibraka Kabupaten Bandung akhir Agustus kemarin. Paskibraka Kota Yogyakarta pada saat pengibaran bendera detik-detik Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 2018 kemarin hanya memakai 38 orang siswa-siswi dari 60 SMA/SMK se- Kota Yogyakarta, selebihnya diwakilkan oleh anggota TNI dan Polri. Ini sesuai dengan intruksi dari Jakarta. Dari 5 Kab/Kota di Provinsi DI Yogyakarta hanya 2 Pemda yang memakai tata cara pelaksanaan pengibaran bendera detik-detik Proklamasi Kemerdekaan yang sama dengan Jakarta, salah satunya Kota Yogyakarta,” ungkapnya.

“Untuk tahun ini ada yang istimewa dari pengibaran bendera detik-detik proklamasi kemerdekaan adanya 20 orang perwakilan mahasiswa dari Provinsi Papua yang mengikuti upacara. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami, karena nilai-nilai kebangsaan dan persatuan sudah semakin baik,“ tambahnya.

Selain melakukan studi banding, Paskibraka Kota Solok juga melakukan karyawisata ke tempat-tempat wisata yang ada di Provinsi DI. Yogyakarta dan Jawa Tengah. (ep)

Tags: , , , , , , ,