Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Pastikan Kondisi Bus Layak Jalan Jelang Nataru, Petugas Gabungan Lakukan Ramp Check

Pastikan Kondisi Bus Layak Jalan Jelang Nataru, Petugas Gabungan Lakukan Ramp Check

Solok, (Info Publik Solok) – Kementerian Perhubungan melalui BPTD Kelas II Sumbar dengan didukung oleh Dinas Perhubungan Kota Solok, Polresta dan Pom TNI AD melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check terhadap kendaraan umum menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Rabu (15/11).

Kegiatan Ramp check Nataru 2023/2024 ini berlangsung di area Terminal Type A Bareh Solok dengan sasaran Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang sebagian besar dengan tujuan Jakarta, Jawa Barat dan Yogyakarta.

Ramp Check sendiri bertujuan untuk memastikan kondisi kendaraan sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan, Kendaraan yang sudah rampcheck akan diberi stiker jika sudah memenuhi kriteria dalam teknis laik jalan serta administrasi.

Irwan selaku Korsatpel (Koordinator Satuan Pelayanan) Terminal Type A Bareh Solok, menjelaskan petugas secara detail memeriksa Kaca, Lampu, Rem, Kemudi, Klakson termasuk Roda.

“ Sementara itu untuk pemeriksaan bus mulai dari ambang batas ketebalan alur ban minimal satu milimeter, tampak terlihatnya serat pada ban, hingga penggunaan ban vulkanisir untuk roda depan dipastikan masih layak jalan, “ terang Irwan.

Tampak juga dilokasi Kasi Sarana JSDP, Yugo Kristanto, S.Sit,M.T, Kepala Dinas Perhubungan Kota Solok, Ikhlas, Dansub Pom TNI AD, Kanit Laka Lantas Solok, Wasatpel Terminal Bareh Solok, yang ikut turun langsung melakukan pengecekan bus di terminal Bareh Solok. Pemeriksaan yang dilakukan yaitu kelayakan jalan dan kelengkapan administrasi berupa kartu uji serta kartu pengawasan trayek.

“Dilaksanakannya ramp check ini merupakan salah satu langkah mencegah kecelakaan dan juga sebagai langkah untuk memastikan keselamatan penumpang,” tegas Ikhlas, SH Dt. Nan Basa selaku Kadishub.

Sementara itu Bus yang kedapatan melanggar aturan akan segera kita berhentikan dan akan diperbolehkan jalan setelah semuanya telah sesuai standar. Ada sekitar 26 Bus yang dilakukan pemeriksaan oleh petugas gabungan dengan jumlah personil sebanyak 20 orang.

Dari pantauan dilapangan belum ditemukannya bus yang melanggar aturan. Namun, petugas telah mengingatkan kepada sejumlah pengemudi karena salah jalur dan waktu pengujian KIR sudah dekat. Sebagai bukti untuk kendaraan yang telah diperiksa petugas akan memasang Stiker sebagai tanda bukti telah dilakukan cek fisik. (gita/c)

Tags: , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan