Pelaksanaan PKL Terpadu Mahasiswa Poltekes Kemenkes Padang Di Kelurahan Nan Balimo

Pelaksanaan PKL Terpadu Mahasiswa Poltekes Kemenkes Padang Di Kelurahan Nan Balimo

Solok, (InfoPublikSolok) – Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan (Poltekes Kemenkes) Padang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Terpadu tahun ajaran 2020/2021  di Kelurahan Nan Balimo pada hari selasa (23/03/2021).

Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa sebagai pemenuhan tugas dari mata kuliah Pelatihan Kerja Lapangan (PKL) terpadu dengan pendekatan Interprofessional Education Collaborative Practice (IPE-CP). Akan ada beberapa tahap dari kegiatan ini yang dilakukan secara berkelanjutan.

Tema yang diangkat dalam PKL terpadu ini adalah “Melalui PKL terpadu dengan pendekatan IPE-CP, tingkatkan peran serta Poltekes Kemenkes Padang dalam upaya pengendalian Covid-19 dan peningkatan status kesehatan masyarakat”. Sesuai dengan tema yang diangkat maka kegiatan yang akan dilaksanakan seputar pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Hari ini para mahasiswa melakukan identifikasi terhadap kelompok kasus Covid-19 serta kelompok rentan Covid-19. Identifikasi dilakukan terhadap masyarakat di Kelurahan Nan Balimo meliputi jumlah penduduk serta rentang usia, penduduk yang mengalami gejala Covid-19, jumlah masyarakat yang positif Covid-19, sanitasi, pola makan, perawatan kesehatan hingga akses informasi mengenai Covid-19. Setelah semua data dikumpulkan, barulah dilanjutkan pada kegiatan selanjutnya yaitu edukasi terhadap masyarakat. Edukasi dilakukan secara cetak dan elektronik. Untuk media elektronik dilakukan secara daring melalui sosial media. Sementara media cetak yang digunakan berupa poster serta spanduk. Selain itu mahasiswa juga turut memberikan edukasi dalam pembuatan Alat Pelindung Diri (APD).

Melalui kegiatan ini Lurah Nan Balimo, Rahman Hidayu mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada mahasiswa dan juga beliau berharap agar kegiatan ini memberi manfaat yang besar bagi masyarakat dalam pengendalian Covid-19 sehingga tidak ada lagi penambahan kasus Covid-19 terutama di Kelurahan Nan Balimo. (cps).

 

Tags: , , , , , , , , , , ,