Pelaksanaan Tera Ulang dan Pengawasan Timbangan di Pasar Pagi

Pelaksanaan Tera Ulang dan Pengawasan Timbangan di Pasar Pagi

Solok, (InfoPublikSolok) – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Legal Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kota Solok mengadakan pelaksanaan Tera ulang dan Pengawasan timbangan di pasar pagi yang terletak di Terminal Bareh Solok, Selasa (23/7/2019). Kegiatan ini merupakan rutinitas pengawasan terhadap para pedagang yang memakai timbangan.

Kepala UPTD Metrologi legal, Edy Purwanto, S.Sos dan Kasubag Tata Usaha Fajar Surya Kusuma, SE juga ikut serta dalam kegiatan pelaksanaan Tera ulang dan pengawasan timbangan di Pasar Pagi ini.

Edi Purwanto menjelaskan Kegiatan tersebut diikuti oleh para pedagang dengan tujuan agar para pedagang yang menggunakan UTTP memiliki pengetahuan dan kesadaran pentingnya menggunakan UTTP secara baik dan benar, termasuk kesadaran untuk melakukan tera/tera ulang timbangan yang digunakan untuk kegiatan jual/beli melalui kegiatan tera dan tera ulang secara rutin.

“Dengan pengukuran yang sesuai maka sebagai jaminan kebenaran selain sebagai perwujudan perlindungan terhadap konsumen, juga merupakan kebutuhan bagi pedagang untuk mendapatkan rezeki yang halal dan berkah serta pembeli bisa loyal berlangganan karena merasa puas dengan transaksi jual beli,” jelas Edi.

Lebih lanjut, Edi Purwanto mengatakan, masih ada juga pedagang yang masih memakai timbangan plastik, dan terkait hal itu sudah ditegur serta masih ada juga timbangan pedagang yang masih belum di Kir/ Tera.

“Pengawasan dan pelaksanaan Tera timbangan khususnya di Pasar Pagi agar pedagang sadar dan memahami bahwa timbangan harus di Kir / Tera 1 tahun sekali, supaya pedagang tersebut aman dalam berjualan. Bagi pedagang yang masih memiliki timbangan plastik untuk dapat tidak memakai dalam berdagang dan konsumen merasa tidak dicurangi belanjanya oleh para pedagang,” ungkapnya. (ts)

Tags: , , , ,