Pelantikan Pengurus MPK dan KPO Periode 2019/2020

Pelantikan Pengurus MPK dan KPO Periode 2019/2020

Solok, (InfoPublikSolok) – Selain Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMP N 1 Solok ada juga organisasi yang sederajat dengan OSIS, ialah MPK atau Majelis Perwakilan Kelas. Organisasi inilah yang bertugas menampung seluruh aspirasi siswa-siswa SMPN 1 Solok. Pada periode 2019/ 2020 ini MPK diketuai oleh Aditya Choiri dengan Wakil Ketua  Finidillah.

MPK sendiri beranggotakan 33 orang, dipilih melalui proses seleksi dan perwakilan 1 orang perkelas yang nantinya akan menjabat sebagai divisi dan koordinator bidang masing-masing. Banyak hal yang perlu diketahui tentang organisasi ini, terutama dengan fungsi dan tugas MPK sebagai organisasi intra sekolah, mengingat banyak hal yang perlu siswa ketahui tentang hal tersebut.

Salah satu tugas pokok yang dimiliki MPK ialah mengawasi kinerja OSIS sekaligus setiap ekstrakurikuler yang dibawahi langsung oleh setiap Koordinator Bidang yang ada dalam kepengurusan MPK ini. Hal yang diawasi oleh MPK adalah kegiatan atau acara yang diselenggarakan oleh OSIS dan Ekstra-ekstra di SMP N 1 Solok,  apakah sudah sesuai dengan proker (program kerja) dan tujuan acara yang telah disepakati atau belum, Namun tidak hanya mengawasi kegiatan yang berlangsung MPK juga berwenang untuk memberikan evaluasi diakhir kegiatan apabila terdapat kekurangan yang perlu dibenahi dari kegiatan tersebut.

Hal ini bertujuan untuk mengawasi kinerja OSIS dan setiap Ekstra dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang dibebankan masing-masing intra dan ekstrakurikuler di SMPN 1 Solok. Sebagai timbal baliknya, OSIS dan Ekstra juga berhak untuk memberi kritik dan saran mereka kepada MPK dalam pertemuan khusus yang sudah diagendakan.

Terlepas dari fungsi dan tugas MPK di atas, kerjasama dan perhatian siswa di SMPN 1 Solok juga sangat diperlukan supaya kinerja MPK bisa meningkat dan sesuai yang diharapkan oleh seluruh warga sekolah.

 

Hari ini (31/08) Kepala Sekolah melantik pengurus Majelis Perwakilan Kelas dan Komisi Pemilihan OSIS. Dalam sambutannya Kepala Sekolah, Yuldarmi berharap,  “Laksanakanlah segera Pemilihan OSIS periode 2019/2020 . Inilah yang dikatakan demokrasi, kita terlebih dahulu harus paham apa itu MPK, bahwa MPK sama dengan Majelis Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat (MPR/DPR) di Negara Indonesia adalah wakilnya rakyat. Disini ananda belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan Ketatanegaraan, bahwasanya untuk menyampaikan aspirasi siswa SMP N 1 Solok itu berdasarkan perwakilan dari kelas. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya karena kegiatan ananda itu banyak jangan pernah lewatkan waktu sholat, ” tegas Kepsek.

Kemudian Bagi KPO dalam pemilihan ketua dan Wakil OSIS laksanakanlah dengan Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, Adil. Mudah-mudahan pelaksanaannya lancar dan sukses. (af)

Tags: , , , ,