Pelari Kota Solok Kembali Raih Juara II pada Electric Jakarta Marathon 2018

Pelari Kota Solok Kembali Raih Juara II pada Electric Jakarta Marathon 2018

Jakarta, (InfoPublikSolok) – Atlet Sentra Kelompok Umum binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok atas nama Serda. Rudi Febriade kembali berhasil meraih Juara II Kategori full Marathon Putra Nasional pada Kejuaraan Lari Marathon bertajuk Electric Jakarta Marathon 2018  6th Annual berlangsung di Plaza Utara Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (28/10/2018).

Serda. Rudi Febriade berhasil menyelesaikan lomba Full Marathon berjarak 42,195 KM pada posis kedua dengan catatan waktu 2 jam 37 menit 16 detik, setelah pemenang pertama nasional atas nama Agus Prayogo, atlet Asian Games asal Provinsi Jawa Barat. Kemudian, Juara Tiga diraih Yahuza, Pelari dari Provinsi Bangka Belitung, diikuti Bara Kumbara, Pelari asal Jawa Barat di Posisi Keempat dan Udin Akbar, Pelari asal Sumatera Utara di Posisi Kelima.

Serda. Rudi Febriade merupakan atlet yang telah lama dibina oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok bersama KONI Kota Solok. Saat ini sedang berdinas di Kesatuan Angkatan Darat Pangdam Siliwangi di Bandung. Rudi merupakan salah satu atlet yang diandalkan Kota Solok pada Porprov ke XV di Kabupaten Padang Pariaman 16-27 November 2018 nanti.

“Alhamdulillah saya telah meraih Juara II kali ini. Ini merupakan sebuah penyemangat bagi saya nantinya untuk lebih baik lagi pada ajang Porprov di Kabupaten Padang Pariaman nanti. Selain itu ini juga merupakan keberhasilan kedua yang saya raih sebelumnya pada ajang Lari Marathon bertajuk Maybank Bali Marathon 2018 bulan September lalu,” kata Rudi Febriade ketika dihubungi seusai lomba.

Pelatih Atletik Sentra Olahraga Kelompok Umum, Anwar, mengaku terkejut dengan pencapaian dan prestasi yang diraih oleh Rudi Febriade kali ini.

“Ini sebuah berita kejutan kedua bagi kami. Karena sebelumnya Rudi Juara II Kejuaraan Lari Marathon bertajuk Maybank Bali Marathon 2018 September lalu.  Berdasarkan waktu yang dia raih juga mengalami kemajuan yang sangat signifikan,” kata Anwar.

“Sebelumnya kami juga telah menugaskan Rudi pemusatan latihan (TC) di Trek Atletik Pangalengan, Bandung guna mempersiapkan Porprov pada November 2018 nanti. Ini merupakan hasil tempaan selama TC di Pangalengan yang dilatih langsung dari pelatih PB PASI yang telah berpengalaman. Untuk PORPROV bulan depan yang diadakan di Kabupaten Padang Pariaman kami optimis cabang lari dapat menyumbang medali emas untuk Kota Solok,” sebut Anwar.

Kejuaraan Lari Marathon bertajuk Electric Jakarta Marathon 2018 merupakan salah satu lomba Marathon terbesar di Indonesia, tahun ini merupakan penyelenggaraan keenam kalinya yang didukung penuh oleh PLN dengan tajuk Energi Optimis. Kejuaraan tahun ini bertepatan dengan perayaan Hari Hari Listrik Nasional ke-73 yang setiap tahun diperingati pada tanggal 27 Oktober.

Electric Jakarta Marathon 2018 6th Annual diikuti lebih dari 20.000 orang pelari dari 10 negara termasuk Indonesia, dengan jumlah peserta terbesar berasal dari tuan rumah. Memperebutkan total hadiah sebesar Rp. 1,5 milyar rupiah. Hadiah terbanyak di kategori full marathon yang mencapai Rp.600 juta dan yang terendah adalah marathon 5K dengan total hadiah Rp.28 juta.

Lomba lari Marathon tingkat internasional pada edisi ke-6 tahun ini membuka kategori umum untuk lomba Full Marathon-Open, Full Marathon-Indonesian, Full Marathon-Master 40+Indonesian, Half Marathon-Open, 10K-Indonesian, dan 5K Indonesian serta Maratoonz yang diikuti oleh peserta anak-anak, juga diikuti peserta disabilitas.

Selain medali, para pemenang kategori nasional juga mendapatkan uang pembinaan dengan rincian Juara I sebesar Rp.80 juta, Juara II sebesar Rp.60 juta, Juara III sebesar Rp.40 juta, Harapan I sebesar Rp.20 juta dan Harapan II sebesar Rp.11 juta.

Tepat pukul 04.30 hingga 05.45 WIB, kategori full Marathon  memulai start dari depan Plaza Utara Gelora Bung Karno (GBK), dilanjutkan selang waktu 45 menit dengan start kategori Half Marathon dan seterusnya, hingga seluruh kategori yang dilombakan. (ep)

Tags: , , , , , ,