Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

3 Maret 2024

Pelatihan Akuntansi Syariah Berbasis IT bagi Pengelola Koperasi di Kota Solok

Pelatihan Akuntansi Syariah Berbasis IT bagi Pengelola Koperasi di Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Peran strategis koperasi perlu diperkuat dalam memajukan perekonomian di Kota Solok, menyikapi peran strategis koperasi di tengah kehidupan masyarakat, maka pengelolaan koperasi harus lebih dioptimalkan lagi, salah satunya peningkatan laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan, yang akan bermanfaat bagi pengelola, anggota koperasi dan pengguna lainnya dalam pengambilan keputusan.

Kehadiran akuntansi sebagai bagian dari infrastruktur bisnis menjadi suatu keniscayaan, termasuk akuntansi syariah sebagai bagian dari instrumen pendukung keuangan dan bisnis syariah.

Untuk meningkatkan kemampuan koperasi, khususnya koperasi Syariah dalam menyajikan laporan keuangan dengan baik dan benar sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku, maka Dinas Perdagangan Koperasi, dan UKM Kota Solok, mengadakan pelatihan akuntansi koperasi syariah di Hotel Taufina Kota Solok dengan narasumber Toni Iswandy, SE, MM, ak dan Welhendri, SE, MM, ak dari Fakultas Ekonomi dan Bisinis UIN Imam Bonjol Padang.

Kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 35 orang pengelola keuangan koperasi di Kota Solok dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Solok, Jefrizal, Selasa (21/6).

Dalam sambutannya, Jefrizal berharap pelatihan ini dapat meningkatkan wawasan dan kompetensi ketatakelolaan bagi pengurus dan pengelola usaha koperasi dengan prinsip-prinsip akuntansi sehingga keuangan koperasi berjalan tertib.

“Laporan Keuangan yang akuntabel akan meningkatkan kepercayaan anggota dan pihak luar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DPKUKM Zulferi melaporkan, pelatihan pengelolaan laporan keuangan ini dilaksanakan selama empat hari (21-24 Juni 2022). Pelatihan materi dilaksanakan selama tiga hari (21-23 Juni 2022) dan pada hari keempat, Jumat (24/6) para peserta dibawa studi banding pengelolaan keuangan koperasi syariah  ke Kota Bukittingi.

Zulferi menambahkan, pelaksanaan kegiatan pelatihan akuntansi syariah berbasis IT ini merupakan salah satu cara untuk mengenalkan dan mempelajari pencatatan akuntansi syariah menggunakan teknologi informasi, guna menghasilkan laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan.

“Pelatihan ini diharapkan bermanfaat bagi peserta, sehingga penyusunan dan penyajian laporan keuangan koperasi syariah akan mengacu pada ketentuan-ketentuan akuntansi yang berlaku umum, serta ketentuan prinsip syariah dengan memanfaatkan aplikasi yang ada,” jelasnya. (ro)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.