Pelatihan Diversifikasi Serai Wangi Secara Terpadu

Pelatihan Diversifikasi Serai Wangi Secara Terpadu

Solok, (Info Publik Solok) – Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kota Solok, Zulferi, SH membuka Bimtek Pembuatan dan Pengolahan Diversifikasi Produk Serai Wangi Secara Terpadu di Koperasi Serba Usaha (KSU) Laing Sepakat Kota Solok.

Menghadirkan narasumber berasal dari SMK-SMTI Padang yang didampingi oleh Biro Humas Kementrian Perindustrian RI, di KSU Laing Sepakat Kelurahan Laing Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Kamis (7/4/2022).

Kota Solok tak hanya mengandalkan beras sebagai produk unggulan yang dikembangkan tetapi banyak produk lainnya salah satunya ialah Minyak Serai Wangi.

Sesuai dengan Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 516-484-2017 tentang Penetapan produk unggulan daerah dengan pendekatan satu daerah satu produk (one village one product) melalui Koperasi kabupaten/ kota Provinsi Sumatera Barat tahun 2017. Selanjutnya dikuatkan dengan keputusan Walikota Solok Nomor 188.45-1237-2019 tentang produk unggulan daerah Kota Solok.

Untuk saat ini dalam rangka menunjang pengembangan minyak serai yang ada di Kota Solok maka pemerintah daerah melalui OPD terkait telah memfasilitasi untuk kelompok tani serai berupa peralatan untuk pengolahan minyak dan juga pemberian peningkatan kapasitas sumber daya manusia bagi petani dan juga koperasi untuk memanfaatkan hasil minyak yang telah dihasilkan, bukan hanya hasil mentahnya tetapi untuk dapat dibuatkan turunan dari minyak serai wangi tersebut.

Dinas PKUKM Kota Solok saat ini cukup intens untuk membantu pengembangan turunan dari minyak serai ini, salah satu program yang telah dilaksanakan yaitu melakukan inkubasi bagi petani serai wangi, bekerja sama dengan Science Techno Park Universitas Andalas, Padang (STP – UNAND).

“Alhamdulillah tahun 2021 kemarin KSU Laing Sepakat mendapatkan bantuan melalui BRIN Kemenristek Dikti sebesar Rp200 juta, bantuan tersebut akan digunakan untuk pelatihan dan pembelian sarana peralatan dan bahan baku pembuat turunan serai wangi,” sebut Kadis.

Dengan adanya bimtek ini, pihaknya berharap terjadinya peningkatan kualitas pengetahuan peserta dan diharapkan nantinya akan tumbuh produk yang baru dan dapat bersaing dalam pengembangan produk usaha. (RO)

Tags: , , , ,