Pelatihan Fasilitator Penghapusan KDRT se-Kota Solok

Pelatihan Fasilitator Penghapusan KDRT se-Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Solok menyelenggarakan Pelatihan Fasilitator Penghapusan  Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)  se-Kota Solok yang dilaksanakan pada hari Senin (4/3/2019), bertempat di Aula Kantor TP PKK Kota Solok.

Acara pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kota Solok, Dra. Hj. Zulmiyetti Zul Elfian, dengan menghadirkan Narasumber dari Pokja I Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga  Provinsi Sumatera Barat yaitu Dra. Hj. Jumaiyah dan Irmawati. Peserta pada acara pelatihan ini adalah utusan dari Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan/ Kelurahan  se-Kota Solok, Ketua Pokja 1 Tim Penggerak PKK Kelurahan dan Kecamatan serta fasilitator yang berjumlah 60 orang.

Dra. Hj. Zulmiyetti Zul Elfian dalam sambutannya  menyampaikan  bahwa, “Fasilitator memiliki fungsi yang amat penting dalam mengarahkan anggota dalam pelaksanaan program kegiatan Pokja 1 Tim Penggerak PKK Kota Solok, Agar peserta dapat menguasai materi tentang cara pemecahan masalah dalam berbagai bentuk kekerasan serta bisa menganalisa masalah tersebut dalam mewujudkan ketahanan keluarga menuju keluarga sejahtera lahir dan batin,” harap ketua TP PKK Kota Solok ini.

Ketua Pelaksana  menyampaikan bahwa, “Kegiatan ini bertujuan  memberikan peningkatan wawasan dan pengetahuan peserta tentang penjabaran masalah kekerasan dalam rumah tangga dan meningkatkan pemahaman peserta dalam mencegah kekerasan dalam rumah tangga serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang prosedur penanganan KDRT,” jelas Hj. Darmijati.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok dalam sambutannya berharap, “Dengan adanya Pelatihan ini dapat memberikan pemahaman dan keterampilan teknis yang lebih mendalam mengenai KDRT sehingga tingkat tindak kekerasan yang dialami perempuan dan anak dapat diminimalisir seiring meningkatnya peran kader PKK dan masyarakat,” tegas Delfianto.

Dalam kesempatan ini narasumber memberikan materi tentang Pedoman Pola  Asuh Anak dan Remaja  dalam Keluarga yang merupakan Prioritas Program Pokja I  dan Pedoman Simulasi serta Indikator Penilaian Simulasi serta  faktor-faktor yang menyebabkan Kekerasan dalam  Rumah Tangga dan tata cara pencegahannya. (mf)

Tags: , , ,