Pelatihan Kerajinan Songket Kota Solok

Pelatihan Kerajinan Songket Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mengadakan kegiatan pelatihan kerajinan Tenun/ Songket bagi IKM di Kota Solok. Acara turut dihadiri oleh Ketua Dekranasda beserta Wakil Dekranasda Kota Solok, Kepala Bidang Koperasi, Industri dan ESDM, Kasi Bina Usaha dan Permodalan, Instruktur dan peserta pelatihan.

Tujuan diadakan kegiatan pelatihan kerajinan Tenun/ Songket adalah untuk membentuk kelompok industri pengembangan tenun/songket yang bercirikan motif khas Kota Solok. Nantinya untuk sementara peserta pelatihan dipinjamkan alat tenun serta gedung tempat pelatihan untuk memproduksi kain tenun.

Dalam laporannya Kepala Bidang Koperasi, Industri dan UKM Budi Kurniawan S.STP, MM mengatakan pelatihan tersebut dilaksanakan  pada tanggal 4 s/d 25 Maret 2019 di Gedung Dekranasda Terminal Bareh Solok. Peserta terdiri dari 10 dari masyarakat Kota Solok dengan Instruktur berasal dari IKM (Industri Kecil dan Menengah) “Dewi Songket” yang sudah mahir dalam membuat songket, ungkapnya.

Dalam sambutannya Ketua Dekranasda Kota Solok Ny.Zulmiyeti Zul Elfian, “Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah yang telah menganggarkan untuk pelatihan ini, makanya kesempatan baik ini  hendaknya dapat dimanfaatkan oleh peserta, hal ini nantinya akan berdampak positif terutama memiliki keterampilan serta dikembangkan agar dapat berusaha dikemudian hari,”jelas Ny.Zulmiyeti Zul Elfian.

“Setelah melaksanakan kegiatan pelatihan ini besar harapan Kota Solok untuk bertumbuhnya IKM Songket baru yang menghasilkan ciri khas daerah Kota Solok dan memanfaatkan ilmu yang didapat selama pelatihan untuk tidak ditinggalkan begitu saja selepas pelatihan”, tambah Ketua kepada peserta pelatihan Tenun/ Songket.

Makanya kepada peserta supaya dapat mengikuti kegiatan ini secara tekun dan sabar, dan juga nantinya setelah pelatihan ini diharapkan peserta dapat menghasilkan tenunan songket yang berkualitas dan bisa bersaing ditingkat nasional pada ajang promosi, pameran dan juga perlombaan.(ts)

Tags: , , , ,