Pelatihan Konseling KB Tahap Lanjutan bagi Penyuluh KB

Pelatihan Konseling KB Tahap Lanjutan bagi Penyuluh KB

Solok, (InfoPublikSolok) – Penyuluh Keluarga Berencana (KB) merupakan pejabat fungsional yang berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKB-PK) pada instansi Pemerintah yang memiliki tugas pokok sebagai penyuluh KB dan pelayanan KB.

Untuk meningkatkan kemampuan teknis dan kapasitas Penyuluh KB tersebut, Dinas Pengendalian Penduduk dan Kelurga Brencana (Dispenduk KB) mengadakan Pelatihan Konseling KB Tahap Lanjutan Bagi Penyuluh KB se-Kota Solok, Rabu (10/4/2019).

Laporan Pelaksana yang disampaikan oleh Ns. Jalisnawati, S.Kep selaku Subid Penyuluhan dan Penggerakan menjelaskan tujuan diadakan pelatihan ini guna untuk mendapatkan gambaran tentang pelatihan konseling KB yang pernah diberikan kepada PKB pada tahun 2018. Pelatihan ini diadakan di Aula Dispenduk-KB Kota Solok yang dihadiri oleh 15 orang PKB se-Kota Solok.

Dalam sambutanya, Dra. Zurnelli, MM selaku Kabid Dalduk menjelaskan, sebagai pengelola dan pelaksana program di lini lapangan, Penyuluh KB harus dilengkapi dengan berbagai kemampuan, baik kemampuan leadership, manajerial maupun kemampuan teknis operasional, serta harus memiliki kompetensi dalam rangka menjawab persoalan KKB-PK dimasa depan.

“Untuk mendukung hal tersebut diperlukan pelatiahan-pelatihan Konseling KB yang dititik beratkan kepada kemampuan dalam memberikan KIE dan Konseling,” ujarnya.

Pelatihan ini mendatangkan Narasumber Diki Asnur, M.Pdi selaku Qualified Training Center, dalam paparanya mengenai Konseling dan KIE, Diki Asnur menjelaskan kemampuan berkomunikasi ini sangant diperlukan saat berhadapan dengan orang lain, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak yang dikenal dengan istilah Public Speaking.

Sebagai penutup kegiatan ini, Kabid Dalduk menegaskan pelatiahan lanjutan ini guna memantapkan Penyuluh KB dalam mensosialisasikan program KKB-PK dilapangan, hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk memotivasi para Penyuluh KB untuk meningkatkan kinerjanya sebagai petugas di lapangan. (ez)

Tags: , , , , ,