Pelatihan Pemandu Wisata Buatan “Outbound Park”

Pelatihan Pemandu Wisata Buatan “Outbound Park”

Solok, (InfoPublikSolok) – Pemerintah pusat terus berupaya melakukan pengembangan Kepariwisataan melalui pemberian Dana Alokasi Khusus (DAK) Reguler Non Fisik yang dapat digunakan oleh Pemerintah Daerah untuk membangun Sumber Daya Manusia dalam bidang Pariwisata.

Terkait dengan hal tersebut Dinas Pariwisata Kota Solok, Selasa hingga Jumat (6 s.d 9 Agustus 2019) menggelar kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Buatan “Outbound Park” yang berlangsung di aula pertemuan Hotel Taufina Kota Solok. Kegiatan ini merupakan salah satu dari program kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Reguler Non Fisik yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Solok Reinier serta dihadiri oleh Kepala OPD terkait dilingkungan Pemerintah Kota Solok, Camat, Lurah dan Stakeholder terkait.

Dalam sambutannya Reinier menegaskan bahwa pariwisata merupakan salah satu sektor strategis yang menunjang pembangunan perekomonian daerah, sehingga persoalan pengembangan pariwisata merupakan tanggung jawab semua pihak.

“Pembekalan SDM Kepariwisataan merupakan salah satu hal penting yang dapat mendukung perkembangan pariwisata serta membuka wawasan untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja baru khususnya di sektor pariwisata” pungkas Reiner saat menutup sambutannya.

Kepala Dinas Pariwisata yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Objek Wisata Indra Febrianto dalam laporannya menyampaikan bahwa, ” Kegiatan pelatihan pemandu wisata yang bersumber dari DAK Reguler Non Fisik ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Pemandu Wisata Kota Solok sehingga siap untuk menyongsong Visit Solok 2020,” jelas Indra.

Kegiatan ini dibagi dalam beberapa tahap yaitu tahapan teori, praktek dan visitasi serta tahapan evaluasi. Sebagai pemateri Dinas Pariwisata Kota Solok melibatkan Tim dari Akademi Pariwisata Bunda Rihendra dkk. Peserta kegiatan kali ini Dinas Pariwisata melibatkan pengelola objek wisata, kelompok sadar wisata, generasi pesona indonesia (GenPi), dan komunitas penggiat alam bebas. (sn)

Tags: , , , , ,