Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru SMP di Kota Solok

Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru SMP di Kota Solok

Solok,  (InfoPublikSolok) – Dalam melaksanakan  tugasnya sebagai pendidik, Guru harus merujuk pada aturan yang sudah ada, salah satunya adalah buku 4 pembinaan dan pengembangan profesi guru tentang pedoman kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan angka kreditnya. Berdasarkan buku ini guru dituntut untuk selalu melakukan PKB untuk meningkatkan keprofesiolannya yang meliputi tiga kegiatan yaitu pengembangan diri, publikasi Ilmiah dan karya inovatif

Merujuk pada PKB ini, Sebanyak 25 orang Guru SMP di Kota Solok yang berasal dari berbagai bidang sudi mengikuti pelatihan menulis di SMPN 1 Kota Solok yang dilaksanakan oleh Dosen Universitas Negeri Padang (UNP) dalam rangka kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini menitik-beratkan pada penulisan karya ilmiah khususnya menulis artikel ilmiah yang siap untuk dipublikasikan dalam bentuk jurnal yang dikelola oleh dosen UNP.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari di mulai pada tanggal 13 s/d 14 September dan 21 s/d 22 September 2019 yang dikoordinir oleh pengawas sekolah Sri Puji Astuti, S.Pd, M.Ed, PhD yang dibimbing langsung oleh 4 orang dosen UNP yaitu Prof. Dr Hermawati Syarif, M.Hum selaku Ketua Tim, Dr. Havid Ardi, S.Pd, M.Hum dan Dr. Zul Amri, M.Ed dengan bidang studi Bahasa Inggris dan Tuti Lestari, M.Si dengan bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Publikasi ilmiah terdiri dari tiga kelompok kegiatan yaitu presentasi pada forum ilmiah, publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal, publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan pedoman guru. Salah satunya dalam bentuk artikel ilmiah, dengan rincian kreditnya dari artikel ilmiah dibidang pendidikan formal yang dimuat di jurnal tingkat terdiri dari nasional terakreditasi (besaran angka kredit 3),  provinsi terakreditasi (besaran angka kredit 2), nasional yang tidak terakreditasi (besaran angka kredit 2) dan provinsi tidak terakreditasi (besaran angka kredit 1,5).

Sri Puji Astuti, S.Pd, PhD selaku pengawas sekolah tingkat SMP mengatakan, “semua peserta agar dapat menyelesaikan artikelnya yang siap untuk diterbitkan dalam bentuk jurnal baik di Tingkat Kota maupun Provinsi bahkan kalau bisa Tingkat Nasional dengan mengikuti petunjuk yang telah ditetapkan,”ungkapnya. (hu)

Tags: , , , , ,