Pelayanan Bhakti TNI KB KES Sebagai Upaya Wujudkan Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera

Pelayanan Bhakti TNI KB KES Sebagai Upaya Wujudkan Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera

Solok, (Info Publik Solok) – Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mendukung pencapaian peserta KB di Kota Solok, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Solok bersama Kodim 0309/ Solok menggelar kegiatan bakti sosial berupa pelayanan KB gratis.

Disamping itu dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat (Pelayanan Bakti TNI KB KES) yang berlokasi di klinik kesehatan Wirabraja Kodim 0309/Solok, Selasa (26/07).

Adapun yang menjadi sasaran dalam pelayanan Bhakti TNI KB KES ini adalah pasangan usia subur (PUS) yang belum pernah menjadi peserta KB sebelumnya serta masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dalam bentuk pemeriksaan dan pengobatan sederhana.

Salah seorang petugas dilapangan menyatakan,” Dalam pelaksanaan pelayanan bakti TNI KB KES ini mencapai 38 orang sasaran akseptor KB yang terdiri dari 9 orang akseptor KB IUD, 9 orang akseptor KB implan, 1 orang akseptor KB suntik, 14 orang akseptor KB pil serta 5 orang akseptor KB kondom, ” ujar Hadimainir yang merupakan Kasi pelayanan KB.

Pelayanan Bhakti TNI KB KES merupakan sinergi banyak pihak yang melibatkan Penyuluh lapangan keluarga berencana (PLKB/PKB) dan Kader-kader KB di wilayah Kota Solok dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Kodim 0309/Solok untuk ikut menyukseskan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan program sosial TNI Kodim 0309/Solok.

Sebelum pelaksanaan kegiatan pelayanan ini berlangsung, penyuluh KB, kader KB, serta Babinsa se-Kota Solok telah melaksanakan kunjungan sasaran door to door dalam rangka berkomunikasi memberikan informasi serta edukasi (KIE) bagi masyarakat dan juga menumbuhkan kesadaran agar ikut serta menjadi peserta KB aktif.

Kegiatan pelayanan Bhakti TNI KB KES ini dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Solok bersama Dandim 0309/Solok. Juga ikut hadir Kapolres, Ketua LKAAM, Bundo Kandung, Kepala Dinas PPKB, Kadis Kesehatan, Kadis PMPPA, Ketua TP-PKK, GOW, Dharma Wanita Persatuan Kota Solok, Persit Kartika Chandra, Bhayangkari serta Camat dan Lurah.

Wakil Walikota Solok di sela kunjunganya menyampaikan Pemerintah Koya Solok bersama Kodim 0309/Solok berharap agar kegiatan pelayanan Bhakti TNI KB KES ini dapat membantu memberikan pelayanan terbaik terhadap bagi masyarakat dan pelaksanaan safari KB seperti ini telah gencar dilakukan sehingga berdampak pada peningkatan capaian kesertaan berKB di Kota Solok serta menurunkan angka unmet need (kebutuhan KB yang tidak terpenuhi) sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi terhadap perencanaan keluarga di Kota Solok yang menunjang kesejahteraan kehidupan masyarakat Kota Solok.

“Semoga kegiatan pelayanan Bhakti TNI KB KES ini mampu meningkatkan akses serta kualitas pelayanan KB bagi masyarakat melalui optimalisasi fasilitas pelayanan kesehatan yang ada sebagai upaya bagi kita dalam mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera bagi masyarakat Kota Solok, ” pungkas Dr. H. Ramadhani Kirana Putra. (orn)

Tags: , , ,