Pelepasan Siswa Kelas XI SMKN 3 Praktek Dunia Usaha & Dunia Industri (DU/DI)

Pelepasan Siswa Kelas XI SMKN 3 Praktek Dunia Usaha & Dunia Industri (DU/DI)

Solok, (InfoPublikSolok) – SMKN 3 Solok gelar acara pelepasan siswa kelas XI yang akan mengikuti praktek Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) pada Kamis (21/2) di ruang pertemuan SMKN 3 Solok.

Acara pelepasan ini sendiri dihadiri oleh peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL), Perwakilan Majelis guru, Pokja PKL serta unsur pimpinan SMKN 3 Solok.

Ketua Pokja PKL, Edo Refalza, S.Hum dalam laporannya mengatakan, setelah mengikuti Coaching/ Pembekalan selama 4 hari, sebanyak 145 siswa kelas XI tersebut yang akan terjun ke DU/DI yang terdiri dari 53 orang dari kompetensi keahlian Tata Boga, 42 Orang dari kompetensi keahlian Perhotelan dan 50 orang dari kompetensi keahlian Tata Busana. Para siswa akan mengikuti Prakerin di 48 Dunia Usaha dan Industri yang tersebar di Padang, Bukittinggi dan Solok.

“Pelaksanaan PKL sendiri akan berlangsung selama kurang lebih enam bulan, dimulai dari tanggal 4 Maret sampai 17 Agustus 2019. Dalam pelaksanaan nantinya pembimbing akan mengadakan monitoring terhadap siswa PKL sebanyak 2 kali,” tambahnya.

Wakil bidang Humas, Efa Norita,S.Pd mewakili Kepala Sekolah menyampaikan agar siswa dapat mengimplementasikan semaksimal mungkin materi yang mereka dapat di sekolah. Selain itu, juga dengan pembekalan yang telah diberikan diharapkan siswa dapat beradaptasi dengan baik di tempat magang / PKL.

Di akhir sambutannya, Efa berpesan agar siswa dapat menunjukkan tanggungjawab yang baik atas tugas yang diberikan oleh pihak DU/DI dan jangan sampai merusak nama baik sekolah.

Berbeda dengan pelaksanaan PKL di tahun sebelumnya yang hanya 3 Bulan, tahun ini siswa yang akan melaksanakan PKL harus membuat laporan tugas proyek (Project Work) sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.

Laporan Project Work ini sendiri merupakan tugas proyek yang harus mereka kerjakan selama mereka melaksanakan PKL di DU/DI sesuai dengan kompetensi dan ilmu yang mereka dapatkan di DU/DI. Bagi siswa Kompetensi Keahlian Perhotelan dan Tata Boga tugasnya berupa video pengerjaan tugas proyek. Sedangkan, siswa Kompetensi Keahlian Tata Busana mendapat tugas proyek berupa produk/membuat pakaian. (ta)

Tags: , , ,