Pemasangan Daftar Nama KPM Bansos di Tempat Umum

Pemasangan Daftar Nama KPM Bansos di Tempat Umum

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka transparansi penyaluran bantuan, Dinas Sosial Kota Solok melaksanakan pemasangan daftar nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial (Bansos) di kantor kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Solok, Senin (20/5/2019).

Kepala Dinas Sosial, Rosavella YD, menyebutkan pemasangan daftar nama KPM Bansos merupakan instruksi dari Kementerian Sosial Republik Indonesia kepada semua potensi dan sumber kesejahteraan sosial (Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan dan Pendamping Program Keluarga Harapan) untuk menempelkan daftar nama KPM Bansos di tempat umum khususnya kantor kelurahan dan kecamatan.

Adapun format daftar nama KPM Bansos paling sedikit mencantumkan informasi nama, alamat, dan jenis bantuan sosial. Pengumuman daftar KPM Bansos ini ialah penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Camat dan Lurah sangat setuju dengan adanya kegiatan ini, dengan kegiatan pemasangan daftar ini membuat mereka lebih tahu siapa saja penerima bantuan PKH dan BPNT di kecamatan dan kelurahannya. Tujuannya jika menurut kecamatan, kelurahan dan masyarakat ada yang tidak layak mendapatkan, pihak kelurahan dapat mengajukan surat rekomendasi agar mereka dikeluarkan dari kepesertaan,” sambung Rosavella.

Sekiranya ada masyarakat yang tidak setuju dengan daftar nama KPM tersebut, lanjutnya, agar diadakan musyawarah kelurahan di bawah pengawasan Satuan Tugas Penyaluran Bantuan Sosial Kepolisian RI (Satgas Bansos Polri).

“Sejauh ini semenjak pemasangan pengumuman nama KPM Bansos sejak hari Senin, sudah ada penganduan yang masuk dari warga yang lebih layak mendapatkan Bansos,” kata Harlina Oktia, SP selaku Koordinator PKH. (ra)

Tags: , , , , , ,