Pembersihan Kawasan Batang Lembang untuk Persiapan Alek Basitajik

Pembersihan Kawasan Batang Lembang untuk Persiapan Alek Basitajik
Solok, (InfoPublikSolok) – Alek anak nagari “Basitajik” pacu rakik dan pacu benen kembali diadakan oleh masyarakat Kelurahan Koto Panjang yang sekarang telah menjadi event tahunan Kota Solok di sepanjang tepian Sungai Batang Lembang, dalam memeriahkan HUT RI ke 74. Kegiatan rutin tahunan ini merupakan salah satu kegiatan yang di tunggu-tunggu masyarakat Kota Solok.
Sebelum dilaksanakanya event Basitajik pada tanggal 20 Agustus 2019 di kawasan Batang Lembang Koto Panjang, warga Koto Panjang mengadakan bersih-bersih gotong royong kawasan batang lembang dan tepi jalan untuk alek basitajik mendatang, Rabu (14/08/2019). Tim dibagi 2 terdiri dari tim panitia basitajik ada juga tim katak untuk menyelam ke dalam sungai batang lembang untuk membersihkan sungai sampai dasarnya agar saat pelaksanaan basitajik pacu rakik ini tidak terjadi kendala jika ada sampah atau pun akar pohon dan batang kayu yang menghalang lomba pacurakik basitajik saat hari pelaksanaan.
“Diharapkan acara basitajik ini dapat berjalan lancar dan di hadiri oleh seluruh warga kota solok dan daerah tetangga,” tutur Afrizal Pitok Ketua Pemuda Koto Panjang yang ikut urun menyelam ke dalam sungai batang lembang untuk membersihkan area pacu rakik basitajik.
Tak hanya panitia, Amir salah seorang warga Kelurahan Koto Panjang merasa kebersihan lingkungan dan sungai ini harus kita jaga bersama, selaku warga saya ikut membantu menciptakan kebersihan di sepanjang bantaran Sungai Batang Lembang ini.
Selain itu, terlihat juga team DKTR yang membantu membersihkan bantaran Sungai Batang Lembang lengkap dengan mesin potong rumput dan motor gerobak sampah.
Andi salah seorang anggota DKTR menyatakan kebersihan arena lomba ini juga merupakan tanggung jawab kita semua disini demi terwujudnya tujuan memeriahkan lomba ini. Apalagi nantinya mendengar kabar yang datang bukan hanya warga solok saja, tetapi juga bakalan ada wisatawan luar kota mengingat pada zaman sekarang ini berita sangat mudah sekali di viralkan di dunia maya.
Lebih lanjut, event pacu rakit dan pacu benen ini merupakan ajang untuk menjalin silaturrahmi, persatuan, persauaraan dan jiwa sportifitas, diharapkan juga nanti akan dapat meningkatkan pariwisata Kota Solok, tutur Afrizal Ane selaku Panitia pacu rakik basitajik. (da)
Tags: , , , , , ,