Pembinaan dan Pengukuhan LPMK Kelurahan Nan Balimo

Pembinaan dan Pengukuhan LPMK Kelurahan Nan Balimo

Solok, (InfoPublikSolok) – Kelurahan Nan Balimo menyelenggaraan pengukuhan LPMK kelurahan Nan Balimo untuk periode 2019-2021, dikukuhkan langsung oleh Camat Tanjung Harapan, Zulkarnaini, AP, M.Si di aula Kelurahan Nan Balimo, Kamis (08/08/2019). Turut hadir DPD LPM Kota Solok Suhatmi Tole, Kepala Bidang Sosial Budaya dari Bappeda Zahirman, Kasi Pemerintahan dan Kemanan Ketertiban Yulfika Emita , RW Se Kelurahan Nan Balimo serta seluruh pengurus LPMK Kelurahan Nan Balimo yang tergabung dalam SK.

Sebelum pada Tanggal 6 Agustus 2019, anggota LPMK yang akan dikukuhkan telah mendapat pembinaan dari narsumber dari Kabid Ekonomi Bappeda Kota Solok Trisna Maizora. Dalam materinya, Trisna menyampaikan segala hal terkait pemberdayaan potensi dan mengatasi masalah yang ada dalam masyarakat.  Potensi yang dapat dilihat di Kelurahan Nan Balimo baru hanya potensi alam saja, belum ada potensi sdm yang berdaya saing dalam inovasi dan ekonomi kreatif.  Untuk itu perlu dilakukan pemberdayaan sumber daya masyarakat agar ekonomi kreatif dapat terwujud.

Lebih lanjut, Trisna mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah juga telah mengusulkan agar masyarakat dapat membentuk kelompok untuk melaksanakan suatu usaha. Untuk keperluan pendanaan dan bantuan dapat mengajukan proposal pada pemerintah.  Namun ada usulan masyarakat yang ditolak atau belum terakomodir. Ini disebabkan oleh data yang disampaikan belum lengkap serta program dan kegiatan yang diajukan belum dapat mengatasi permasalahan, tuturnya.

Dalam pengukuhan, Camat Tanjung Harapan Zulkarnaini menyampaikan dana Kelurahan tahun ini dipergunakan untuk melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat serta pembangunan fisik. LPMK ini termasuk kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“Beliau berharap agar LPMK yang dilantik saat ini agar mempersiapkan rencana kegiatan untuk tahun 2020 yang akan dibahas pada musrenbang bulan Desember mendatang,”tuturnya.

Sesuai pengukuhan, anggota LPMK yang dilantik juga diberikan materi terkait pembahasan masalah masyarakat yang meliputi aspek perencanaan dan pendanaan kegiatan dengan narasumber berasal dari Kepala Bidang Sosial Budaya BAPPEDA Zahirman dan DPD LPM Kota Solok Suhatmi Tole.

Dalam paparannya, Kepala Bidang Sosial Budaya, Zahirman menyampaikan, ” untuk menyususn sebuah program, tentukan dulu kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan permasalahan yang ada dalam masyarakat di Kelurahan Nan Balimo baik berupa  fisik maupun sumber daya masyarakatnya,”tuturnya.

Sementara itu, DPD LPM Kota Solok Suhatmi Tole selaku Ketua LPMK Kelurahan Nan Balimo menyampaikan kepada anggota LPMK yang dikukuhkan bahwa pekerjaan tidak hanya sampai pengukuhan ini,  namun sampai 3 tahun kedepan banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

“Kita harus menyusun program yang diawali dengan musyawarah dalam rapat untuk 3 tahun kedepan. Kita perlu mengusahakan kegiatan fisik, karena sampai saat ini belum ada yang berani melaksanakan kegiatan fisik,” tuturnya.(cps)

Tags: , , , ,