Pembinaan Kader BPOM di Kelurahan Kampung Jawa

Pembinaan Kader BPOM di Kelurahan Kampung Jawa
Solok, (InfoPublikSolok) –  Kelurahan kampung Jawa mengadakan pembinaan lanjutan terhadap kader BPOM, acara tersebut dihadiri oleh kader BPOM sekelurahan kampung Jawa dan Kelompok usaha kecil menengah kelurahan kampung jawa (UMKM) pada hari Kamis, 01 Agustus 2019.
Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pembinaan kader BPOM diseluruh kelurahan dari semenjak tahun 2017, dimana pada tahun 2018 Kelurahan Kampung Jawa telah meraih nominasi sebagai desa aman pangan tingkat nasional, anugrah ini diberikan langsung oleh kepala Badan POM RI ” Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP di Jakarta pada tanggal 10 Februari 2019.
Acara tersebut di buka langsung oleh Lurah Kampung Jawa ” Riko Budiawan,S.ip”, pada sambutannya mengungkapkan bahwa Lurah Kampung Jawa sangat mengapresiasi kegiatan ini yang sangat bermamfaat bagi masyarakat dalam menjaga kemaanan pangan mereka untuk dikonsumsi dirumah tangga. Acara ini di isi oleh 3 orang narasumber yakni dari BPOM Padang yang dihadiri Kabid informasi dan komunikasi ” Dra. Viviani “, Kepala Dinas Koperindag ” Drs. Dedi Asmar ” dan kabid Pelayanan, Promosi, Sumber Daya Kesehatan dari Dinas Desehatan ” dr. Hiddayaturrahmi “.
Kabid Informasi dan Komunikasi BPOM mengapresiasi kegiatan pembinaan terhadap kader BPOM ini, “karena kelurahan kampung Jawa tetap melanjutkan kegiatan desa aman pangan secara mandiri dan berkelanjutan walaupun Kampung Jawa telah meraih nominasi tingkat nasional” ujar Viviani. Senada dengan yang disampaikan dra. Viviani, Kadis Koperindag menyampaikan bahwa kita harus paham tentang prinsip ekonomi, mengerti akan laba dan rugi dan tetap menjaga kemaanan pangan sehingga Kelurahan Kampung Jawa tetap meraih nominasi sebagai desa aman pangan tingkat nasional untuk tahun berikutnya, dan tidak lupa Dedi Asmar berpesan bahwa “modal usaha paling tinggi itu adalah percaya diri dan sanggup menanggung semua resiko”.
Sebagai penutup Hiddayaturrahmi menegaskan tentang pentingnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) makanan mempunyai sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), yang sangat bermamfaat bagi pengolahan produksi makanan di Kota Solok.
Dari pemaparan ketiga narasumber tersebut diharapakan output dari kegiatan ini kader BPOM dapat mengintervensi pelaku UMKM makanan yang ada di kelurahan kampung Jawa untuk mendapatkan serifikat PIRT sehingga produk makanan dapat dipasarkan lebih luas lagi, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat dan menambah lapangan kerja bagi masyarakat khusus nya di kelurahan kampung Jawa. (mm)
Tags: , , , ,

%d blogger menyukai ini: