Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Pembongkaran Bak Sampah di Sebelah Masjid Al-Hidayah

Pembongkaran Bak Sampah di Sebelah Masjid Al-Hidayah

Solok, (InfoPublikSolok) – Terkait laporan yang disampaikan oleh jemaah masjid Al-Hidayah VI Suku dan warga lingkungan sekitar Jalan Proklamasi mengenai adanya masalah pada bak sampah yang telah menjadi tempat pembuangan sampah liar sehingga mengganggu aktivitas masyarakat sekitar, mereka meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk melakukan pembongkaran pada bak sampah tersebut.

Pembongkaran secara gotong royong itu dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Limbah B3, Asril, dan dihadiri oleh ketua pengurus masjid, lurah, RW, RT dan jamaah masjid Al Hidayah, Jum’at (1/12).

Keberadaan bak sampah di dekat masjid Al-Hidayah yang menjadi ikon baru rumah ibadah di Kota Solok tersebut, menurut warga sangat mengganggu kebersihan dan kesehatan lingkungan, terutama bagi warga sekitarnya, saat malam lokasi tersebut dipenuhi dengan anjing liar yang membuat sampah berserakan kemana-mana tak jarang membuang kotoran di peralatan masjid.

“Sangat menganggu kegiatan beribadah dan juga proses belajar mengajar di MDTA Al-Hidayah,” kata salah satu warga.

Pada kenyataannya yang membuang sampah pada tempat sampah tersebut bukanlah warga sekitar, melainkan orang-orang tidak dikenal yang melewati jalan itu dengan mengendarai kendaraan, mengingat posisi bak sampah berada di pinggir jalan raya.

Yang paling membahayakan, tempat sampah tersebut menjadi tempat pembuangan sampah bekas alat kesehatan rumah sakit.

Karena hal tersebut jemaah masjid dan warga sekitar meminta pembongkaran tempat sampah itu, warga telah mengerti dan siap untuk meletakkan sampah di depan rumah masing-masing yang mana nantinya akan diangkut oleh petugas pengumpulan sampah.

“Masalah ini bisa terjadi karena kurang sadarnya masyarakat dengan kebersihan lingkungan, mari kita sebagai masyarakat yang cerdas yang peduli terhadap lingkungan untuk menjaga kebersihan di lingkungan kita mulai dengan hal yang terkecil yang bisa kita lakukan, karena jika bukan kita yang menjaga lalu siapa lagi?” ajak Kabid Pengelolaan Sampah, Asril.

“Mari bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman dan sehat demi masa depan yang lebih baik” sambungnya (ns/r)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan