Pemeriksaan Gigi Massal Menuju Caries Free 2030

Pemeriksaan Gigi Massal Menuju Caries Free 2030

Solok, (InfoPublikSolok) – Forum Kesehatan Gigi Universitas Andalas (UNAND) lakukan Pemeriksaan Gigi Massal menuju Caries Free 2030, Jumat (20/9/2019). Acara ini bertujuan untuk menuju caries free 2030, dengan salah satu program yang dijalankan adalah menggalakkan upaya promotif  untuk menyikat gigi dengan baik dan benar serta memberdayakan dokter dan terapis kesehatan gigi di unit kesehatan sekolah dan Puskesmas.

Kegiatan yang melibatan Puskesmas KTK dan Puskesmas Tanjung Paku serta menghadirkan Pembina Posyandu, Kader dan Masyarakat yang ada pada lingkungan kedua puskesmas tersebut.

Kegiatan yang dilakukan yaitu pemeriksaan gigi massal secara gratis yang bertujuan agar berkurangnya kerusakan gigi pada anak yang banyak ditemukan kasusnya pada anak-anak karena kebiasaan buruk seperti banyak makan yang manis-manis sehingga mengakibatkan gigi berlubang, sering minum susu dan jarang menyikat gigi yang dapat menyebabkan karies gigi atau gigi berlubang dan menyebabkan bau mulut.

Kegiatan yang dilakukan yaitu memberikan kuesioner kepada orangtua anak dan konseling secara individu kepada orangtua anak  serta membuka sesi tanya jawab yang dimotori oleh mahasiswa Unand tersebut. Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan pemeriksaan gigi kepada anak anak dan orangtua. Untuk memberikan reinforcement positif , dalam kegiatan ini juga dibagikan bingkisan pada anak dan orangtua yang telah di periksa giginya, hal tersebut dilakukan agar audiens  (peserta) dan masyarakat selalu rajin untuk menggosok gigi yang disarankan yaitu dua kali sehari pada pagi hari dan sebelum tidur.

Diharapkan dalam kegiatan ini minat masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat meningkat, sehingga terhindar dari kerusakan gigi seperti gigi berlubang (caries) serta bau mulut. Dampak pada anak-anak jika bebas caries adalah status gizi dan pertumbuhan otak anak akan baik dan diharapkan menuju masa depan yang lebih gemilang. (es)

Tags: , , , , , , , , ,