Pemerintah Kota Solok Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Bumi Ambon, Maluku

Pemerintah Kota Solok Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Bumi Ambon, Maluku

Solok, (InfoPublikSolok) – Pasca Gempa bumi yang terjadi di Ambon, Maluku, Pemerintah Kota Solok melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) salurkan bantuan sebesar Rp50 juta, untuk korban gempa bumi Ambon, Provinsi Maluku.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Walikota Solok yang diwakili Kepala Pelaksana BPBD Kota Solok Kenfilka didampingi Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Agus Susanto mewakili yang diterima langsung oleh Wakil Komandan Tanggap Darurat Provinsi Maluku, Letkol Yoyok yang didampinggi oleh Sekretaris BPBD Provinsi Maluku W. Billy, S.SH. di  Markas Komando Resor Militer (Makorem) 151 Binaiya Ambon, Maluku, Rabu (9/10).

Gempa bumi dengan magnitude 6.8 mengguncang wilayah Maluku pada Kamis (26/9), pukul 06.46 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis parameter gempa terjadi pada 40 km timur laut Ambon, Provinsi Maluku dengan kedalaman 10 km.

Berdasarkan informasi BMKG, gempa bumi dirasakan di wilayah Ambon dan Kairatu pada skala intensitas V MMI, di Paso II-III MMI dan Banda II MMI. BMKG merilis bahwa berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Gempa tersebut mengakibatkan banyak bangunan-bangunan rumah masyarakat yang roboh, rusaknya fasilitas-fasilitas masyarakat, dan korban jiwa. Sampai saat ini pasca gempa yang terjadi menimbulkan trauma bagi masyarakat Ambon yang menjadi korban.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga selalu waspada terhadap gempa-gempa susulan dan tidak terpancing dengan informasi palsu yang dapat menimbulkan kepanikan maupun ketakutan. Pastikan informasi resmi, seperti yang bersumber dari pemerintah daerah setempat dan BMKG. (ma)

Tags: , , , , , , ,