Pemilu 2019: KPU Kota Solok Tetapkan 46.997 Pemilih

Pemilu 2019: KPU Kota Solok Tetapkan 46.997 Pemilih

Solok, (InfoPublikSolok) – KPU Kota Solok laksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT HP-2) Pemilihan Umum Tahun 2019. Bertempat di d’Relazion, Senin (12/11).

Rapat Pleno dihadiri oleh Wakil Walikota Solok, Reinier, Ketua LKAAM, Bundo Kandung, Pimpinan Partai Politik se-Kota Solok, Bawaslu, Polres Solok Kota, Kodim 0309/Solok, PPK dan PPS se-Kota Solok, serta dinas terkait di Pemerintah Daerah Kota Solok.

Kordinator Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Solok, Jonnedi pada rapat pleno terbuka tersebut mengungkapkan bahwa Penetapan DPT HP-2 ini telah melalui proses panjang yang pada akhirnya dapat ditetapkan dengan rincian sebagai berikut : Kecamatan Lubuk Sikarah tercatat 25,845 orang pemilih yang terdiri dari 12.803 berjenis kelamin laki-laki, dan 13.042 orang perempuan yang tersebar di 115 TPS dengan 7 Kelurahan.

Sementara di Kecamatan Tanjung Harapan tercatat 21.152 orang pemilih yang terdiri dari 10.333 orang laki-laki dan 10.819 orang perempuan yang tersebar di 91 TPS dengan 6 Kelurahan. Sehingga total Pemilih pada DPT HP-2 Kota Solok adalah sebanyak 46.997 orang pemilih, 23.136 laki-laki dan 23.861 perempuan.
Partai politik yang hadir pada kesempatan itu menyetujui DPT HP-2 yang disampaikan oleh KPU Kota Solok dan berharap ini sudah keputusan final tidak adalagi perobahan karena telah menyita banyak waktu baik KPU ataupun pihak-pihak terkait.

Ketua Bawaslu Kota Solok juga sepakat dengan keputusan KPU Kota Solok terhadap DPT HP-2 yang telah ditetapkan dan diserahkan kepada Partai Politik. Setelah meminta tanggapan dan saran dari Partai Politik dan Bawaslu akhirnya KPU Kota Solok menetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan untuk Kota Solok Pemilu Tahun 2019 sebanyak 46.997 Pemilih.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil H S.Sos, MM menyampaikan bahwa penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT HP-2) merupakan data yang akan digunakan dalam Pemilu tahun 2019 nantinya. “Kita berharap semua lapisan masyarakat yang telah memiliki hak pilih telah terdata sehingga dapat digunakan untuk datang ke TPS pada tanggal 17 April 2019 menyalurkan haknya di bilik suara,” ungkap Asraf.

HM. Rusli Khatib Sulaiman sebagai Tokoh masyarakat yang juga sebagai Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Solok mengajak semua pihak untuk menyukseskan Pemilu 2019, menjaga ketertiban, keamanan dan tentunya ikut partisipasi dalam memberikan suara memilih wakil rakyat dan presiden beserta wakil pilihannya.

Wakil Walikota Solok, Reinier, berharap kepada semua pihak dapat menjadikan momen penetapan DPT HP-2 ini sebagai awal untuk menyukseskan Pemilihan Umum tahun 2019 nantinya, Karena pada dasarnya data pemilih inilah yang akan menjadi awal dari permasalahan. Bila semua masyarakat telah terdata sebagai pemilih, maka pada hari pemilihan nantinya dapat menggunakan hak pilihnya. (ys)

Tags: , , ,