Pemko Latih Pencari Kerja Usia Produktif Keahlian Desain Grafis

Pemko Latih Pencari Kerja Usia Produktif Keahlian Desain Grafis

Solok, (InfoPublikSolok) – Bidang Pengaduan Advokasi dan Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Solok menyelenggarakan pelatihan desain grafis bagi 20 orang pencari kerja usia produktif.

Pelatihan ini diselenggarakan, dalam rangka meningkatkan kompetensi bagi pencari kerja usia produktif yang ada di Kota Solok.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 10 hari dari tanggal 9 s/d 22 April 2019. Pelaksanaan pelatihan desain grafis ini dilakukan di Lembaga Pelatihan Komputer Widyaloka sebanyak 10 orang peserta dan di lembaga Pelatihan Komputer Dynasti sebanyak 10 orang peserta. Pembukaan dilakukan di ruang rapat DPM-PTSP Kota Solok.

Kegiatan pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Hj. Erlinda, S.Sos didampingi Kabid Pengaduan Advoaksi dan Tenaga Kerja, Sisvamedi, SH, MH, Kasi Tenaga Kerja, Hendriyanto, SH serta juga dihadiri pimpinan Lembaga Pelatihan Komputer Widyaloka dan Lembaga Pelatihan Komputer Dynasti.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas mengatakan bahwa dalam era digitalisasi saat ini, pasar kerja membutuhkan tenaga kerja yang mempunyai skill dan keahlian tertentu, agar bisa bersaing dengan tenaga kerja baik di dalam negeri maupun tenaga kerja yang berasal dari luar negeri.

Apalagi keahlian desain grafis pada saat ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan agar tidak tertinggal dengan perusahaan lainnya, mengingat pada era yang serba digital sehingga setiap perusahaan membutuhkan tenaga ahli desain grafis.

Diharapkan, peserta setelah mengikuti pelatihan ini mampu menguasai tata cara penggunaan beberapa software komputer khusus desain grafis. Dengan adanya keahlian desain grafis, peserta dapat memanfaatkan ilmu yang didapatkan agar bisa bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Selain bisa bekerja di perusahaan besar, desainer grafis juga bisa bekerja secara mandiri bahkan bisa menciptakan lapangan kerja untuk membantu orang lain.

“Manfaatkan waktu yang sangat singkat ini untuk dapat menyerap ilmu yang diperoleh pada saat pelatihan,” kata Hj. Erlinda.

Setelah selesai pembukaan pelatihan, peserta langsung diarahkan ke masing-masing Lembaga Pelatihan Komputer yang telah ditunjuk untuk langsung memulai proses pembelajaran.

Desain grafis adalah keahlian dalam merancang dan membuat sebuah ilustrasi visual yang mengandung sebuah pesan tertentu.

Lapangan pekerjaan yang tersedia untuk tenaga ahli desainer grafis diantaranya, desain kreatif atau creative studio, media massa, percetakan, penerbitan, pengembang software dan website, pengembang game, animasi, broadcasting.

Perusahaan umum seperti perbankan, industri makanan, otomotif, kecantikan travel, perhotelan juga membutuhkan tenaga ahli dalam bidang desain untuk membuat promosi produk. (gp)

Tags: , , ,