Pemko Solok Evaluasi Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Pemko Solok Evaluasi Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka melaksanakan implementasi SPBE yang sudah berjalan, Pemerintah Kota Solok melalui Diskominfo menggelar evaluasi yang sudah dilakukan oleh seluruh OPD. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Walikota, Rabu (9/10/19).

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan kemudahan layanan bagi pengguna. Hal ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2018 tentang pedoman evaluasi SPBE dan juga menindaklanjuti surat dari KemenPAN RB pada bulan September yang lalu.

Sesuai dengan regulasi yang ada, setiap instansi pemerintah pusat/ lembaga maupun daerah wajib melaksanakan evaluasi SPBE ini dengan melalui beberapa tahapan yaitu, sosialisasi, evaluasi mandiri, evaluasi dokumen dan wawancara. Kemudian dilanjutkan dengan observasi lapangan dan juga pengolahan, analisis serta pelaporan hasil evaluasi.

Berdasarkan surat keputusan Walikota Solok telah terbentuk Tim Internal Kota  yang terbagi dalam Tim Koordinasi sebanyak 24 orang dan Tim Evaluasi SPBE 42 orang yang merupakan perwakilan dari OPD maupun pihak yang dianggap memahami bidang Information Technology. Hasil penilaian yang telah dilakukan pemerintah pusat tahun 2018 Kota Solok mendapat poin 2,4 berada pada level Cukup.

“Hal inilah yang terus kita dorong agar terjadi peningkatan pada setiap lini sehingga tahun ini hasil penilaian evaluasi SPBE Kota Solok dapat naik, ” harap Lusya Adelina pada saat penyampaian sebelum pembukaan acara.

Sekretaris Daerah yang di wakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan, Nova Elvino mengharapkan agar seluruh OPD yang terlibat dapat mendukung penuh kegiatan evaluasi SPBE ini. “Kita saat ini mencoba mengubah pola kerja yang telah dilakukan selama ini menyesuaikan dengan kondisi jaman serta kemajuan teknologi. Kemarin telah terlaksana Bimtek Smartcity dan ini merupakan salah satu bagian dari dimensi yang ada. Semoga dengan kerja keras bersama terjadi peningkatan dalam segala hal dan mendapatkan hasil yang maksimal,” jelas Asisten I ini.

Semoga Solok Kota Beras Serambi Madinah ini semakin maju dan bisa bersaing dengan daerah lain kedepannya. (gra)

Tags: , , , ,