Pemko Solok Gelar Musrenbang Perubahan RPJPD Kota Solok 2005-2025

Pemko Solok Gelar Musrenbang Perubahan RPJPD Kota Solok 2005-2025

Solok, (InfoPublikSolok) – Setelah mengkaji berbagai perubahan dan dinamika hal-hal strategis dalam perjalanan pembangunan Kota Solok, Pemerintah Kota Solok melalui Bappeda selenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) terkait Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Solok 2005-2025, bertempat di Gedung Kubuang 13 Kota Solok (15/10/2018).

Wakil Walikota Reinier, ST, MM, dalam sambutannya menyampaikan harapan yang besar untuk peserta Musrenbang supaya memberikan masukan terkait arah pembangunan yang bernilai strategis pada acara ini. Karena RPJPD ini adalah dokumen acuan dalam arah pembangunan Kota Solok, sehingga sangat berpengaruh terhadap arah Kota Solok ke depannya.

“Sinkronisasi antara RPJPD dengan implementasi harus menjadi perhatian, tidak hanya bagi pemerintahan, namun masyarakat juga memegang peranan yang sangat penting,” harap Reinier, kemudian membuka secara resmi Musrenbang Perubahan RPJPD Kota Solok.

Sementara Ketua DPRD Kota Solok yang diwakili Ketua Komisi II, Daswipetra Dt. Manjinjiang Alam, SE, M.Si, menyampaikan hal serupa terkait kesepakatan dan komitmen yang mengikat sebagai acuan pembangunan yang berupa RPJPD ini. “Oleh sebab itu, dalam proses penyempurnaan RPJPD diharapkan seluruh stakeholder memberi pandangan dan masukan. Karena ini adalah masa depan bersama Kota Solok,” himbaunya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bappeda sebagai Ketua Pelaksana, Jonedi, SH, MM memberikan laporan terkait pelaksanaan Musrenbang Perubahan RPJPD. “Pelaksanaan Musrenbang Perubahan RPJPD ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membahas rancangan Perubahan RPJPD dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD,” papar Jonedi.

Lanjutnya, “Dari penyelenggaraan Musrenbang ini diharapkan adanya masukan dan saran terkait rancangan perubahan RPJPD Kota Solok, sekaligus kesepakatan bersama terhadap visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok Perubahan RPJPD ini,” pungkasnya.

Setelah seremoni pembukaan berakhir, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Narasumber dari Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Hefdi, SH, M.Si, dan Akademisi dari Universitas Andalas, Prof. Dr. Helmi Kepala Program Doktor (S3) Studi Pembangunan Universitas Andalas pemaparan yang dimoderatori oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Susweni, SH, disampaikan penegasan dan masukan-masukan terkait perubahan RPJPD Kota Solok serta diskusi terbuka dengan stakeholder Kota Solok. (td)

Tags: , , , , , , ,