Pemko Solok Kaji Penerapan Layanan Panggilan Darurat 112

Pemko Solok Kaji Penerapan Layanan Panggilan Darurat 112
Presentasi Layanan Call Center Pangginan Darurat 112 dari PT. Infomedia Nustantara

Solok, (InfoPublikSolok) – Menindaklanjuti sosialisasi kebijakan penyelenggaraan layanan panggilan darurat 112 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia pada tanggal 16 Mei 2019 di Batam, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok mengundang PT. Jasnita Telekomindo dan PT. Infomedia Nusantara (Telkom group) selaku perusahaan penyedia layanan call center 112 untuk mempresentasikan produk mereka di Kota Solok.

Kedua perusahaan tersebut merupakan sebagian dari beberapa perusahaan penyedia call center 112 yang direkomendasikan Kementerian Kominfo saat sosialisasi di Batam.

Presentasi yang diselenggarakan di ruang e-Gov Monitoring Room (EMR) pada Rabu (18/6) diikuti oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Pelaksana BPBD, Sekretaris Bappeda, Sekretaris BKD, Kabag. Hukum dan HAM, Bagian Pemerintahan dan beberapa pejabat dilingkungan Dinas Kominfo, BPBD dan Dinas Kesehatan Kota Solok.

Presentasi Layanan Call Center Pangginan Darurat 112 dari PT. Jasnita Telekomindo

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kominfo Kota Solok, Zulfadli mengatakan bahwa layanan panggilan darurat 112 merupakan layanan Pemerintah Daerah untuk panggilan telepon dari masyarakat yang memerlukan bantuan atau penanganan kegawatdaruratan, khususnya yang mengancam keselamatan jiwa manusia. “Layanan call center 112 ini akan sangat membantu masyarakat dan OPD serta instansi terkait dalam penanganan kejadian gawat darurat, seperti kecelakaan, kebakaran, pohon tumbang dan lain sebagainya,” ungkap Zulfadli.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefrizal, S.Pt, MT dalam arahannya menyampaikan bahwa presentasi dari dua perusahaan ini dimaksudkan agar OPD terkait mendapatkan gambaran dan masukan tentang layanan panggilan darurat 112 yang selanjutnya akan menjadi bahan dalam menyusun perencanaan dan kebijakan Pemerintah Kota Solok ke depan. “Untuk mendukung rencana penerapan Layanan Panggilan Darurat 112 ini, OPD terkait harus segera menyiapkan regulasi dan SOP,” tegasnya.

Dalam pelaksanaan presentasi dari PT. Jasnita Telekomindo dan PT. Infomedia Nusantara tersebut pihak Pemerintah Kota Solok mendapatkan informasi terkait produk, layanan, kebutuhan teknis, kebutuhan personil dan biaya untuk implementasi layanan call center panggilan darurat 112 di Kota Solok.

Melalui Layanan Panggilan Darurat 112 ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat agar kejadian kondisi darurat dapat segera dilaporkan kepada pihak yang berwenang sesuai dengan lokasi Kabupaten/Kota, terutama untuk Kota Solok. (feri)

Tags: , , ,