Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Pemko Solok Terima Penghargaan Penyelenggaraan Statistik Sektoral Terbaik

Pemko Solok Terima Penghargaan Penyelenggaraan Statistik Sektoral Terbaik

Bukittinggi, (InfoPublikSolok) – Pemerintah Kota Solok meraih penghargaan terbaik kelima pada Penganugerahan Pemerintah Daerah Terbaik dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) se-Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat.

Penyerahan Piagam penghargaan tersebut langsung diterima oleh Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar dari Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat, Sugeng Arianto, di The Balcone Hotel & Resort Bukittinggi, Rabu (6/12). Turut hadir mendampingi Wako, Kabid Tata Kelola E-Government dan Statistik Dinas Kominfo Kota Solok, Adel Wiratama, ST, M.CIO beserta jajaran.

Penganugerahan Pemerintah Daerah Terbaik dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Tahun 2023 merupakan wujud apresiasi BPS Sumatera Barat atas komitmen dan capaian Dinas Komunikasi dan Informatika serta Badan Pusat Statistik Kota Solok dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS).

Kota Solok memperoleh penghargaan terbaik kelima dari penganugerahan tersebut dengan nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) sebesar 1.89 (Cukup). Peringkat terbaik keempat digandeng oleh Pemerintah Kota Bukittinggi dengan nilai 1.91 (Cukup), terbaik ketiga diraih Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dengan nilai 1.98 (Cukup), terbaik kedua Pemerintah Kabupaten Agam dengan nilai 2.00 (Cukup), dan terbaik pertama Pemerintah Kota Padang dengan nilai 2.05 (cukup).

EPSS sendiri diselenggarakan oleh BPS untuk mendukung sistem statistik nasional yang handal, efektif, dan efisien untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik pada setiap Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah. Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi bagi seluruh perangkat daerah untuk terus berkomitmen meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan statistik sektoral di Kota Solok.

Walikota Solok dalam sambutannya mengucapkan syukur yang sebesar-besarnya atas prestasi yang telah diraih oleh Kota Solok saat ini. Lebih lanjut, Wako Zul Elfian mengatakan meski saat ini Kota Solok termasuk lima besar namun prestasi yang diraih dengan indeks cukup yang artinya sudah memenuhi kualitas penyelenggaraan statistik sektoral yang handal.

“Untuk itu, kami berjanji ke depannya akan meningkatkan kinerja, sehingga ke depannya prestasi yang diraih meningkatkan menjadi indeks baik,” tandas Wako. (*/r)

*Reporter: Silvi Kurnia Putri

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan