Penataan Bantaran Sungai Kawasan Lapangan Merdeka

Penataan Bantaran Sungai Kawasan Lapangan Merdeka

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Solok melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bidang Sungai dan Pengairan melaksanakan kegiatan rehabilitasi dan pemeliharaan bantaran dan tanggul sungai yang terletak di belakang Lapangan Merdeka Kota Solok. Kegiatan Pemeliharaan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bidang Sungai dan Pengairan Dinas PUPR Kota Solok.

Bantaran Sungai merupakan tepi palung sungai dan kali tanggul sebelah dalam yang terletak di kiri dan kanan Sungai. Saat ini telah dilakukan pengecoran, plesteran dan pengecatan yang sebelumnya telah dilakukan juga perambahan serta pengangkatan sedimen di lokasi tersebut. Kegiatan ini telah dimulai sejak Kamis, (14/2/2019) dan diperkirakan akan selesai Minggu (24/3/2019).

Kegiatan rehabilitasi bantaran dan penataan tanggul sungai ini diprogramkan oleh Dinas PUPR Kota Solok dengan nama program Pengendalian Banjir dan Pemeliharaan. Pekerjaan ini diketuai, Mike sebagai Kasi Pemeliharaan Sungai dan Pengairan selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan dan Elyandri Hasdi sebagai Pengawas kegiatan.

Elyardi, ST. MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen Bidang Sungai dan Pengairan Dinas PUPR Kota Solok ketika dikonfirmasi mengenai kegiatan ini, Rabu (6/3) mengatakan, “Pemeliharaan Bantaran Sungai di kawasan Lapangan Merdeka dilakukan pengecatan dengan tujuan untuk memperindah tampilan sungai di kawasan strategis perkotaan dan sekaligus salah satu upaya untuk mempertahankan Piala Adipura yang telah didapatkan Kota Solok beberapa waktu yang lalu,” jelasnya.

“Pekerjaan ini dilakukan secara swakelola, setelah pengecatan akan dilakukan pemasangan lampu hias dan air mancur nantinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Elyardi sangat berharap peran serta partisipasi masyakarat untuk bersama-sama menjaga keindahan dan kebersihan dari bantaran sungai kawasan lapangan Merdeka, setelah selasainya pekerjaan penataan ini nantinya.  (ri)

Tags: , ,