Penataan Pedagang Musiman di Sepanjang Kawasan Simpang Surya – Pandan Ujung

Penataan Pedagang Musiman di Sepanjang Kawasan Simpang Surya – Pandan Ujung

Solok, (InfoPublikSolok) – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kawasan Simpang Surya sampai Lampu Merah Pandan Ujung Kota Solok, merupakan lokasi tempat berdagang pedagang musiman yang berjualan kebutuhan menyambut hari raya Idul Fitri. Pedagang musiman ini menjadi alternatif bagi masyarakat Kota Solok dan sekitar untuk mendapatkan kebutuhan lebaran. Namun di sisi lain keberadaan pedagang yang memakai badan jalan mengakibatkan macet dan menghambat akses masyarakat yang melewati kawasan ini.

Berangkat dari hal tersebut, Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kota Solok melakukan penataan pedagang musiman ini dengan pemberian garis batas boleh berdagang di sepanjang kawasan Simpang Surya hingga simpang lampu merah Pandan Ujung.

Penataan ini diawasi langsung oleh Kepala DPKUKM Kota Solok Zulferi, SH didampingi Sekretaris Dinas Hanif, S.Sos, MM, Kabid Perdagangan Asrul, SE, MM, dan Analis Perdagangan Muda, Elfitrayenti, pada Selasa (26/4).

Penataan ini dilakukan pada dua sisi jalan yang dipakai untuk  berjualan, penataan pedagang dilakukan dengan pemberian garis putus-putus berwarna kuning sepanjang 1.5 meter dari trotoar ke jalan raya. Menurut Kepala DPKUKM Kota Solok, penataan pedagang berlaku pada H-7 lebaran hingga H+3 lebaran.

“Kegiatan ini bertujuan agar tidak terlalu terjadi kemacetan, setelah kita melakukan penggarisan akan ada sosialisasi tentang peraturan dan tata tertib, seandainya para pedagang melanggar akan ada sanksi penertiban oleh Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM,” papar Zulferi.

“Saya berharap dengan ada nya kegiatan ini para pedagang dan juga pembeli merasa lebih nyaman, dan masyarakat pemakai jalan raya tidak terlalu terganggu dengan kegiatan  berniaga di tepian jalan,” tuturnya.

Analis perdagangan Muda, Elfitrayenti, menambahkan kegiatan ini rutin dilakukan pada dua tahun terakhir. Pihaknya juga memperhatikan masukan dari pedagang tentang penambahan lebar jalan yang boleh di pakai, dan adanya bantuan operasional dari Dinas Perhubungan untuk mengatur lalu lintas.

“Kami dari Dinas DPKUKM menjadikan  itu sebagai masukan, kami akan terus berusaha semaksimal mungkin pada kegiatan ini, agar terciptanya kenyamanan aktifitas berdagang dan penguna jalan raya di sepanjang Kawasan Simpang Suria-Pandan Ujung,” sampai Elfitrayenti.

Respon positif atas penataan ini datang dari salah seorang pedagang musiman. Yanti yang berjualan takjil dan kue lebaran, di area Pandan Ujung, dia menyampaikan apresiasinya atas kegiatan yang dilaksanakan Dinas DPUKM Kota Solok.

“Saya senang dengan kegiatan ini, bisa membuat pembeli yang datang merasa nyaman juga para pengendara tidak terlalu terhambat dengan aktifitas jual-beli disini,” tutur Yanti.

“Kalau macet orang malas berhenti untuk berbelanja, makanya adanya Kegiatan ini saya sangat menyambut dengan positif. Semoga di tahun depan kegiatan ini terus berlanjut,” harapnya. (RO)

Tags: , , , , , ,