Pencanangan Program Pemberian Makanan Tambahan untuk Murid SD/MI

Pencanangan Program Pemberian Makanan Tambahan untuk Murid SD/MI

Solok, (InfoPublikSolok) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solok, Rusdianto canangkan program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS). Pencanangan program tersebut dilaksanakan di SDN 18 Sinapa Piliang, Selasa (30/4/2019), turut hadir Ketua TP-PKK Kota solok yang diwakili oleh Ny. Elfia Reinier beserta jajaran.

“Untuk pelaksanaan program PMT-AS tahun 2019 ini saya mengajak semua unsur yang terlibat dalam kegiatan ini (TP-PKK dan kader pemasak) agar dapat terus meningkatkan mutu pelaksanaan dan pelayanan yang diberikan kepada murid, khususnya terhadap tingkat kebersihan makanan dan bentuk makanan yang disukai anak,” kata Sekretaris Daerah dalam sambutannya.

Sekda juga mengajak para pihak pengelola dan semua unsur terkait (sekolah dan masyarakat sekitar sekolah) untuk meningkatkan koordinasi, pembinaan dan pemantauan rutin terhadap pelaksanaan program PMT-AS.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Ambun Kadri, dalam laporannya mengatakan bahwa Program PMT-AS adalah salah satu program nasional dalam rangka penanggulangan kemiskinan dengan sasaran anak sekolah di tingkat dasar.

“Program PMT-AS ini berkaitan dengan pengembangan kualitas sumber daya manusia sejak dini yang diprioritaskan untuk meningkatkan ketahanan fisik anak sekolah melalui perbaikan gizi dan kesehatan, sehingga dapat mendorong minat dan kemampuan belajar anak untuk meningkatkan prestasi sekolah,” tuturnya.

“Pelaksanaan PMT-AS pada tahun 2019 diberikan kepada 676 orang murid yang tersebar pada 6 sekolah (4 SD dan 2 MI) dengan total sebanyak 108 kali serta ditambah dengan pemberian obat cacing dua kali setahun,” ungkapnya.

“Program PMT-AS ini dapat menanggulangi kemiskinan, sasarannya anak Sekolah Dasar, TK dan PAUD, hasilnya dapat dilihat puluhan tahun mendatang, sebab pemberian makanan tambahan untuk meningkatkan gizi baik bagi anak usia dini untuk pemberian kudapan tidak perlu mahal cukup memenuhi gizi 5 gram protein dan 300 kkal energi,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK yang diwakili Ny. Elfia Reinier, mengatakan program PMT-AS ini dapat mendorong pemanfaatan pekarangan sekolah dan pekarangan rumah masyarakat untuk memproduksi hasil pertanian sebagai bahan murah bergizi tinggi yang dapat dikelola pihak sekolah dan masyarakat sebagai sumber bahan makanan dalam pembuatan jajanan PMT-AS.

“Menu yang diberikan sebagian menu menggunakan bahan dasar ikan, sebagai salah satu kegiatan Forikan di Kota Solok untuk menyosialisasikan pentingnya ikan untuk kecerdasan otak anak-anak,”  imbuhnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian kudapan PMT-AS dan kudapan ikan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah dan Ketua TP-PKK didampingi oleh ketua LKAAM, Ketua GOW, Alim Ulama, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Cadiak Pandai Ketua GOW serta Kepala OPD. (es)

Tags: , , , , ,