Pencapaian Akta Kelahiran Online Kota Solok No.1 se-Indonesia

Pencapaian Akta Kelahiran Online Kota Solok No.1 se-Indonesia

Solok, (InfoPublikSolok) – Disdukcapil Kota Solok kembali meraih prestasi dalam hal kepemilikan dokumen kependudukan, dimana sebelumnya juga menjadi pilot project dalam pengurusan dokumen Kartu Identitas Anak (KIA). Namun kali ini dokumen yang menjadi target adalah kepemilikan dokumen akta kelahiran secara online.

“Disdukcapil Kota Solok berhasil meraih peringkat pertama dalam pencetakan akta kelahiran secara online terbanyak se-Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Menteri dalam Negeri  dalam Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil II yang dilaksanakan di Discovery Hotel Ancol kemarin,” terang Kadisdukcapil, Syaiful Rustam saat ditemui awak redaksi IPS diruangannya, Rabu (11/12).

Pengurusan akta kelahiran secara online ini mengacu pada Permendagri nomor 9 tahun 2016 tentang peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran bahwa pengurusan akta kelahiran dapat dilakukan secara online. Sedangkan untuk persyaratan pengurusan akta kelahiran secara online ini, masyarakat dapat mengakses ke alamat https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id/ dan selanjutnya untuk kelengkapan dokumennya dapat diupload pada alamat tersebut.

Pencapaian jumlah pengurusan akta kelahiran secara daring (online) ini diperoleh berkat sosialisasi yang dilakukan dari rumah ke rumah yang tertumpang pada kegiatan jemput bola akta kelahiran anak usia 0-18 tahun yang sebelumnya telah dilakukan pada tanggal 19 sampai 29 Agustus kemarin.

Dan diharapkan untuk kedepannya, Disdukcapil tetap jadi yang terdepan untuk tingkat kepemilikan akta kelahiran dan juga untuk semua kepemilikan dokumen kependudukan, agar masyarakat Kota Solok tidak mengalami kesulitan jika suatu ketika dalam suatu urusan membutuhkan dokumen kependudukan dengan segera (am).

Tags: , , , , , ,