Pendaftaran, Verifikasi dan Validasi Data Penerima Bantuan Iuran JKN dan KIS Di Kel. Tanah Garam

Pendaftaran, Verifikasi dan Validasi Data Penerima Bantuan Iuran JKN dan KIS Di Kel. Tanah Garam

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka percepatan pencapaian 100% Universal Health Coverage (UHC) atau akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan di Kota Solok, Dinas Kesehatan Kota Solok kembali melakukan pendaftaran, verifikasi serta validasi data untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahun 2020 yang berasal dari dana APBD Kota Solok bagi masyarakat Kelurahan Tanah Garam yang belum terdata.

Pendataan tersebut dilakukan oleh Tim gabungan dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan BPJS Kesehatan Kota Solok. Kegiatan tersebut dibuka oleh Lurah Tanah Garam Asril bertempat di Aula Kelurahan Tanah Garam, Selasa (28/07).

Lurah Tanah Garam menyampaikan protokol kesehatan aman Covid-19 harus tetap dipatuhi selama pelaksanaan kegiatan. “Selama acara ini berlangsung kita harus menerapkan protocol kesehatan berstandar Covid-19. Diwajibkan memakai masker, mengatur jarak, mencuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh,” tegas Asril

Pada kesempatan itu, Dadi Ice Gustrianti Staf Layanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Solok menyampaikan pendataan tersebut bertujuan untuk mendata masyarakat Kelurahan Tanah Garam yang sama sekali belum memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS). “Untuk peserta yang pernah mendaftar mandiri, pembayarannya menunggak peserta tersebut, harus melunasi tunggakan dan membawa bukti pembayaran tunggakannya,” ujarnya.

“Program JKN ini masyarakat yang bersedia di tempatkan di kelas III. Jadi apabila bapakibuk sakit dan ingin naik kelas II dan I tidak bisa, hanya untuk ditempatkan dikelas III,” tambah Dadi.

Dalam pendataan tersebut, seluruh peserta diwaibkan membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK). Yang bisa menjadi peserta program JKN hanya masyarakat yang memiliki KK dan KTP Kota Solok, karena dana ini berasal dari dana APBD Kota Solok.

Program JKN merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diselenggarakan dengan menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib (mandatory) berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang SJSN dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh Pemerintah (rh).

Tags: , , , , , ,