Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

22 Februari 2024

Pendalaman Pelajaran Geografi, Siswa Kelas XI SMAN 2 Gunung Talang Kunjungi BPBD Kota Solok

Pendalaman Pelajaran Geografi, Siswa Kelas XI SMAN 2 Gunung Talang Kunjungi BPBD Kota Solok
Posted by:

Solok, (InfoPublikSolok) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok menerima kunjungan study tour sebanyak 43 orang siswa kelas XI jurusan IPS SMAN 2 Gunung Talang, Kabaupaten Solok dalam rangka pendalaman mata pelajaran geografi, Selasa, (22/3/2022).

Kunjungan ini disambut oleh Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaandan, Fera Zuana, SE, MM dan Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Adel Wiratama, ST, M.Cio bersama Tim  TRC BPBD Kota Solok.

“Keterlibatan aktif BPBD Kota Solok dalam penangangan epidemi Covid-19 dinilai sangat baik sehingga diharapkan BPBD Kota Solok dapat berbagi ilmu pengetahuan kepada siswa kami, tidak hanya tentang penanganan bencana alam namun juga penanganan bencana non alam yang terjadi di seputaran wilayah Kota Solok,” kata Taufik, S.Pd selaku guru pendamping rombongan siswa SMAN 2 Gunung Talang dalam study tour ini.

BPBD Kota Solok sangat mengapresiasi SMA N 2 Gunung Talang yang mengadakan kegiatan study tour ini yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan literasi kebencanaan, sebagaimana disampaikan oleh Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Fera Zuana dalam sambutannya di hadapan siswa.

Kegiatan kunjungan kemudian dilanjutkan dengan pengenalan tentang Tupoksi BPBD Kota Solok saat pra bencana, saat bencana dan pasca bencana, dengan memberikan sosialisasi, komunikasi, informasi dan edukasi mengenai daerah rawan bencana di Solok dan langkah-langkah pencegahan dan kesiapsiagaan yang dapat dilakukan dalam menghadapi bencana.

Selanjutnya, para siswa diarahkan untuk berkunjung ke Pusdalops (Pusat Pengendalian Operasi) BPBD Kota Solok yang merupakan pusat penanganan pertama pengaduan bencana dan dapat dihubungi dengan nomor 112 serta merupakan basis komando dalam komunikasi di lapangan. Kemudian siswa mengunjungi gudang peralatan kebencanaan didampingi oleh Tim TRC yang bertugas.

Kegiatan ini diharapkan tidak hanya menjadi bekal pengetahuan bagi siswa namun juga dapat meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap bencana. Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan. (aw)

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.