Penertiban Jam Operasional Warnet, Satpol PP Jaring Puluhan Pelajar

Penertiban Jam Operasional Warnet, Satpol PP Jaring Puluhan Pelajar

Solok, (InfoPublikSolok) – Satpol PP Kota Solok melakukan penertiban terhadap Warung Internet (Warnet) yang beroperasi hingga larut malam di Kota Solok. Penertiban ini dilakukan menyusul banyaknya laporan dari masyarakat yang mengaku resah dengan keberadaan Warnet yang buka hingga larut malam bahkan ada yang sampai dini hari.

“Warnet yang menyediakan layanan game online buka di luar jam yang ditentukan jadi target operasi kita. Karena berdampak buruk bagi anak-anak generasi bangsa. Menurut saya kecanduan game online ini hampir sama dengan kecanduan narkoba, karena itu kita akan tertibkan,” ungkap Kabid Trantib Satpol PP Kota Solok, Fera Zuana, SE, MM, Sabtu (2/3/2019) dini hari.

Pihaknya mengungkap ada belasan Warnet di Kota Solok, masih ada yang berani buka sampai subuh. Saat dilakukan penertiban didapati sekitar 24 (dua puluh empat) anak usia pelajar sedang asyik bermain game online.

Warnet yang kedapatan beroperasi melewati batas pukul 00.00 WIB tersebut adalah, Warnet Pinokio di kawasan Stasiun, Warnet Global di dekat SMAN 1 dan Sawah Sianik (satu pemilik), Warnet Awiank di VI suku, Warnet Basecamp Gaming di dekat Lampu Merah VI Suku, Warnet Bintang Lima di Simpang Pulai, Warnet Gudang Pulsa di Lampu Merah Simpang Denpal dan satu Warnet di kawasan Air Mati.

“Anak-anak yang usia pelajar atau masih sekolah kami membawa mereka ke kantor satpol PP, di Mako Satpol PP mereka diberi arahan dan pembinaan serta membuat surat pernyataan. didata dan membuat surat pernyataan untuk tidak bermain lagi hingga larut malam, setelah itu kami memanggil orang tua mereka yang terjaring tersebut, Orangtua pun diharapkan berperan mendidik anak saat berada dirumah,” ungkap Fera.

“Kita tidak akan main-main, yang melanggar aturan akan kita tertibkan, karena ini kalau dibiarkan bisa merusak generasi muda. Coba bayangkan, kalau Warnet buka sampai diatas jam 00.00 Wib, apakah itu masih bisa dikatakan tempat hiburan yang sehat, kan tidak. Kalau sampai jam 22.00 WIB masih dalam batas wajar,” pungkasnya (sg)

Tags: , , ,