Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

1 Maret 2024

Pengelola Arsip OPD Ikuti Sosialisasi Dan Bimtek Pengelolaan Arsip Berbasis SIKD

Pengelola Arsip OPD Ikuti Sosialisasi Dan Bimtek Pengelolaan Arsip Berbasis SIKD

Solok, (InfoPublikSolok) – Untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan bagi pengelola arsip dilingkungan Pemerintah Kota Solok, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok menyelenggarakan Sosialisai dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip berbasis Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) bertempat di Aula Bappeda Kota Solok, selama selama 3 hari 14 s/d 16 Maret 2018.

Walikota Solok yang diwakili oleh Staf Ahli Walikota Solok Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Drs. Muhammad, M.Si. dalam sambutannya berpesan “kepada pengelola arsip Perangkat Daerah untuk memperlakukan arsip di posisi sangat penting karena selama ini perlakuan kepada arsip hanya sebagai onggokan sampah disimpan dalam gudang dan setelah bertahun-tahun lalu dibakar”, ucap Muhammad.

“Peran pengelola arsip masing-masing Perangkat Daerah sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan arsip, karena dengan arsip bisa menyelamatkan organisasi. Kota Solok ini bisa kita baca melalui arsipnya yaitu arsip sejarah bagaimana perjuangan pendiri Kota Solok untuk memajukan Kota Solok ini,” tambah Muhammad.

Hj. Mursiati, MM Kepala Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok dalam laporannya menyampaikan “kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan SDM yang mampu secara teknis dan profesional dalam mengelola arsip Perangkat Daerah dengan baik sesuai dengan petunjuk dan peraturan yang berlaku, menciptakan sistem pengelolaan arsip yang baik, cepat, tepat dan berbasis teknologi”, jelasnya.

Lanjut Kadis, “SIKD ini adalah aplikasi yang direkomendasikan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk melakukan pengelolaan arsip surat masuk dan surat keluar, aplikasi ini dilengkapi dengan kode klasifikasi arsip, pemberkasan secara elektronik dan dapat menentukan jenis arsip aktif, inaktif dan pemberitahuan arsip yang sudah dapat dimusnahkan”, ungkapnya.

Aplikasi SIKD akan diterapkan dan dikembangkan dilingkungan Pemerintah Kota Solok secara bertahap. Dihari ketiga Bimtek akan dilanjutkan dengan orientasi lapangan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh. (kh)

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.