Pengelola Perpustakaan Sekolah Ikuti Sosialisasi Aplikasi Pendataan Perpustakaan Berbasis Wilayah

Pengelola Perpustakaan Sekolah Ikuti Sosialisasi Aplikasi Pendataan Perpustakaan Berbasis Wilayah

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok menyelenggarakan kegiatan sosialisasi aplikasi pendataan perpustakaan berbasis wilayah yang dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas). Kegiatan yang diikuti oleh pengelola perpustakaan sekolah ini dilaksanakan di aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Selasa (29/3/2022).

Sistem Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) merupakan penerapan (aplikasi) penataan kode identititas pada setiap unit perpustakaan di seluruh Indonesia di bawah koordinasi Perpustakaan Nasional berdasarkan kode provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan, Nomor pokok perpustakaan diberikan kepada sekolah yang sudah memberikan profil perpustkaannya kepada Perpustakaan Nasional. Profil perpustakaan sekolah akan disimpan dalam pangkalan data perpustakaan.

Ditemui di ruangannya, Rabu (30/3/2022) Pustakawan Muda sekaligus narasumber dalam kegiatan sosialisasi Budiman Muslim, SE, M.I.Kom menyatakan tujuan dari pelaksanaan sosialisasi aplikasi pendataan perpustakaan berbasis wilayah ini yaitu untuk membimbing cara pengisian aplikasi pendataan perpustakaan berbasis wilayah.

Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan perpustakaan sekolah yang ada di Kota Solok memperoleh Nomor Pokok Perpustakaannya.

“Kegiatan sosialisasi aplikasi pendataan perpustakaan berbasis wilayah dihadiri oleh pengelola perpustakaan sekolah SD dan SMP se-Kota Solok sebanyak 24 sekolah. Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) adalah salah satu aplikasi program dari Perpusnas untuk semua jenis perpustakaan dalam rangka memudahkan pembinaan perpustakaan,” lanjut Budiman.

“Diharapkan setelah mengikuti sosialisasi aplikasi pendataan perpustakaan berbasis wilayah ini, semua peserta sudah mendapatkan nomor pokok perpustakaan sehingga bisa dicantumkan pada papan nama perpustakaannya dan yang sudah memiliki username dan pasword NPP dapat login dan mengisi semua fitur yang ada di dalam aplikasi sehingga semua data akan terlihat di apilkasi NPP,” pungkasnya. (ji)