Pengelolaan SP4N LAPOR! Kota Solok Menjadi Rujukan Beberapa Daerah

Pengelolaan SP4N LAPOR! Kota Solok Menjadi Rujukan Beberapa Daerah

Solok, (Info Publik Solok) – Pemerintah Kota (Pemkot) Solok menerima penghargaan Top 25 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) dalam Kompetisi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Tahun 2018 yang lalu, dan menjadi satu-satunya daerah di Sumatera Barat.

Hal ini menjadikan Kota Solok sebagai tujuan beberapa daerah lain untuk sharing informasi dan belajar mengenai pengelolan SP4N-LAPOR! .

Inilah yang menjadikan rujukan bagi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasaman untuk mengunjungi Kota Solok demi mendapatkan referensi bagaimana pelaksanaan pengelolaan aplikasi LAPOR! tentang pengaduan masyarakat terkait layanan publik.

Kedatangan rombongan Dinas Kominfo Pasaman yang dipimpin oleh Asnil Sy, Kabid Diseminasi, Persandian dan Data Statistik (DPDS) yang disambut langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok, Zulfadli didampingi Sekdis Kominfo Lusya Adelina beserta Kasi Opini dan Aspirasi Publik, Dedy Masry di ruang kerja Kepala Dinas Kominfo Kota Solok, Selasa (31/7).

Mengawali kunjungan ini, Kepala Bidang DPDS Kominfo Pasaman menyampaikan bahwa kunjungan ini dalam rangka study comparative dalam hal pengelolaan SP4N LAPOR! sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik serta Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 62 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional.

“Setelah berkonsultasi, baik dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat maupun Ombudsman, hampir semua menyarankan jika ingin berkonsultasi mengenai LAPOR! kita diarahkan ke Pemko Solok,” jelas Asnil.

Menindaklanjuti hal tersebut Kadis Kominfo memaparkan bahwa, “Memang benar bahwa di Kota Solok pelaksanaan aplikasi SP4N LAPOR! telah kami laksanakan sejak akhir tahun 2017 dan hingga saat ini sudah 70-an laporan yang masuk dengan status telah selesai dalam artian telah ditindaklajuti oleh OPD yang terkait,” ungkap Zulfadli.

“Kami saat ini masih terus berbenah dan terus melakukan perbaikan agar pelaksanaan kegiatan ini berjalan semakin baik. Saat ini masyarakat sudah kami fasilitasi dengan berbagai kemudahan jika mau melapor terkait pelayanan publik yang dilakukan Pemerintah yaitu melalui website, mobile, twitter dan juga SMS 1708, dan saat ini telah dibuka kanal pengaduan baru melalui halaman facebook LAPOR PEMKO SOLOK, dan email lapor@solokkota.go.id serta website http://solokkota.lapor.go.id,” kata Lusya Adelina Sekretaris Kominfo menambahkan.

Hingga saat ini, lanjut Lusya, kegiatan Lapor sudah berjalan dengan didukung oleh Pejabat Penghubung serta Admin yang membantu dalam hal menindaklajuti setiap laporan yang masuk sehingga status aduan menjadi selesai.

“Bimbingan teknis serta monitoring rutin kami laksanakan demi meningkatnya pelayanan terhadap masyarakat,” kata Lusya.

Terkait pengelolaan pelaporan yang masuk, Dedy Masry selaku Kasi Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik mengungkapkan laporan dari masyarakat tersebut sesegeranya diteruskan ke OPD terkait agar pelapor tidak menunggu terlalu lama dan OPD terkait pun bisa segera menindaklanjutinya.

“Komitmen pimpinan bagi kami merupakan sebuah semangat demi menjadikan Kota Solok lebih baik. Keaktifan Pejabat Penghubung maupun admin juga sangat berperan dalam hal ini,” kata Dedy.

Mengakhiri kunjungannya, Dinas Kominfo Pasaman sangat berterima kasih atas sambutan Kominfo Kota Solok serta meminta beberapa dokumen yang akan menjadi acuan dalam pelaksanaan Lapor di daerahnya nanti. (gra)

Tags: , , ,