Pengembangan Batik Batu Laweh, Kelurahan Tanjung Paku Gelar Pelatihan Lanjutan

Pengembangan Batik Batu Laweh, Kelurahan Tanjung Paku Gelar Pelatihan Lanjutan

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam upaya pengembangkan UMKM dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Kelurahan Tanjung Paku, Pemerintah Kelurahan setempat menggelar kegiatan Pelatihan membatik bagi masyarakat khususnya pengrajin batik batu laweh, menghadirkan instruktur dari pengelola Canting Buana Padang Panjang, Widdiyanti, serta Asistensi Pelatihan, Mimi, dari Batik Tarancak Solok,

Pembukaaan pelatihan yang mengambil tempat di Aula Kantor Lurah Tanjung Paku pada Kamis (11/11/2021) itu bertujuan membuka peluang usaha bagi Ibu rumah tangga dan mengurangi angka pengangguran.

Lurah Tanjung Paku, Yenna Muriaty, dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan pengembangan pada Kelompok Batik Batu Laweh ini merupakan pelatihan yang ketiga kalinya diadakan dan difasilitasi oleh Pemerintah Kelurahan Tanjung Paku yang bersumber dari dana APBD Kota Solok. Dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing RT di Kelurahan Tanjung Paku.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Tanjung Harapan saat membuka acara pelatihan menyampaikan beberapa hal terkait pengembangan Batik Batu Laweh (Babaleh). Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan ini adalah, kelompok batik sudah bisa memunculkan karakter dari Batik Batu Laweh itu sendiri, sehingga orang yang melihat batik tersebut, sudah langsung mengetahui hasil produksi batik oleh kelompok Babaleh.

Hal lain yang diharapkan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah kelompok Babaleh sudah dapat memproduksi serta memasarkan secara mandiri hasil produksi tersebut baik pada masyarakat, instansi di Kota Solok maupun Luar Kota Solok, sehingga dapat menambah pendapatan keluarga.

Pembukaan acara ini turut dihadiri oleh Ketua LPMK setempat, Ketua RT/RW, Ketua TP-PKK Kelurahan, Niniak Mamak, Tokoh Agama, Bundo Kanduang, Ketua Pemuda dan Karang Taruna.

Setelah pembukaan selesai acara dilanjutkan dengan pelatihan membatik yang dilakukan langsung di Sekretariat Batik Batu Laweh didampingi oleh instruktur dan asistensi. (yrn)

Tags: , , , , ,