Pengkajian Penyebab Kemiskinan di Kelurahan Nan Balimo

Pengkajian Penyebab Kemiskinan di Kelurahan Nan Balimo

Solok, (InfoPublikSolok) – Kelurahan Nan Balimo gandeng Program Studi (Prodi) S2 Pembangunan Wilayah Pedesaan (PWD) Universitas Andalas untuk mengkaji Penyebab Kemiskinan, Jumat (15/2/2019). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Nan Balimo Kecamatan Tanjung Harapan.

Kegiatan yang dibuka Langsung oleh Lurah Nan Balimo, Rahman Hidayu, SIP tersebut dihadiri Oleh Dinas Sosial yang diwakili Kepala Bidang BKS, Rusmiati, SH dan Kepala Seksi  Bansos Nemi Satrina, AKS, OPD terkait, Ketua RT dan RW se-Kelurahan Nan Balimo serta unsur masyarakat seperti Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan PKK.

Lurah Nan Balimo dalam arahannya, menyampaikan bahwa dari data yang ada, tingkat kemiskinan di Kelurahan Nan Balimo masih tergolong tinggi. Idealnya masyarakat yang sudah memperoleh beragam bantuan sementara ini minimal sudah beranjak untuk keluar dari kemiskinan, namun kenyataannya masih jauh dari harapan.

Dalam sesi tanya jawab, Ketua RT 02 RW 02, Erizal Lemu, mengungkapkan data yang telah ada tidak tepat sehingga bantuan kebanyakan tidak tepat sasaran karena masih banyak yang lebih membutuhkan. “Malahan masyarakat tidak mau atau tidak sadar bahwa dia tidak pantas lagi mendapatkan bantuan. mudah-mudahan kita menemukan solusinya melalui kajian ini,” ungkap Erizal Lemu.

Tokoh Masyarakat Keluranan Nan Balimo, Supriyadi mengatakan kebanyakan yang mendapatkan bantuan tidak dimanfaatkan dengan baik bantuan yang mereka terima sehingga tujuan dari bantuan tersebut tidak tercapai.

Kabid BKS Dinas Sosial Kota Solok, Rosmiati, SH menyampaikan akan memperbaiki lagi cara kerja kami dalam pemberian bantuan dan melakukan koordinasi lagi kepada OPD terkait tentang masalah ini dan akan menginformasikan kepada RT/RW melalui Kelurahan.

TIM PWD Unand yang diwakili oleh, Sutri Dahlena, SKM, mengatakan bahwa mereka akan menganalisa segala informasi dari masyarakat dan kita menganalisa kembali data–data yang ada lalu akan dibuatkan sebuah dokumen perencanaan yang berguna sebagai pedoman dalam pembuatan suatu program atau kegiatan penanggulangan kemiskinan di Kelurahan Nan Balimo ini, atau mungkin akan bermanfaat juga untuk Kota Solok nantinya.

Saat ditemui setelah kegiatan berlangsung, Lurah Nan Balimo Rahman Hidayu SIP, mengucapkan terimaksih kepada seluruh TIM PWD Unand yang telah meluangkan waktunya dan tanpa pamrih membantu Kelurahan Nan Balimo dalam upaya penanggulangan kemiskinan ini. Mudah mudahan ini akan sangat besar sekali manfaatnya nantinya, Ungkap Rahman mengakhiri. (cps)

Tags: , , ,