Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

1 Maret 2024

Penguatan Fungsi Tokoh Adat, Salah Satu Kunci Pembangunan

Penguatan Fungsi Tokoh Adat, Salah Satu Kunci Pembangunan

Solok, (Info Publik Solok) – Pemerintah Kota Sawahlunto beserta Rombongan LKAAM, KAN melakukan kunjungan ke Kota Solok, Senin (11/09). Kunjungan dalam rangka studi komparatif itu dalam rangka sharing soal kelembagaan adat.

Kedatangan rombongan Pemko Sawahlunto yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dan disambut oleh Wakil Wali Kota Solok Dr. H. Ramadhani Kirana Putra di Balairung 99 Rumah Dinas Wali kota Solok.

Mengawali pertemuan itu, Wawako Ramadhani Kirana Putra mengatakan, selama ini Pemerintah Kota Solok senantiasa menggandeng lembaga adat dalam berbagai program. Peran instrumen adat, Niniak Mamak sangat besar dalam membangun daerah.

“Alhamdulillah, Niniak Mamak, lembaga adat senantiasa bergandengan tangan dengan Pemerintah dalam membangun daerah. Terutama dalam program pelestarian seni tradisi dan budaya daerah,” jelas Ramadhani.

Dhani mengakui, Niniak Mamak dan tokoh serta lembaga adat menjadi pilar penting, terutama dalam menanamkan nilai-nilai budaya Minangkabau terhadap generasi muda. Tidak saja itu, lembaga adat juga mendukung berbagai program pembangunan daerah.

“Dengan Kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah dan lembaga adat serta masyarakat, maka pembangunan daerah akan berjalan dengan baik. Dan ini yang senantiasa kita terapkan dalam membangunKota Solok selama ini,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto, Deri Asta mengatakan, Pemerintah Kota Sawahlunto sangat mendukung penguatan fungsi tokoh adat dan agama, karena, tokoh-tokoh ini menjadi salah satu kunci dalam membangun kehidupan masyarakat.

“Studi komparatif ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemko dalam mendukung peningkatan kapasitas pemangku agama dan adat. Sehingga ke depan, pelestarian dan perkembangan adat di Kota Sawahlunto semakin kuat,” pungkasnya. (*)

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.