Penguatan Moderasi Beragama bagi Pejabat Struktural dan Fungsional di Lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar

Penguatan Moderasi Beragama bagi Pejabat Struktural dan Fungsional di Lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar

Padang, (InfoPublikSolok) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, H. Afrizal, didampingi Kasubbag TU, H. Emil dan Kasi PHU, Rabamis mengikuti kegiatan penguatan moderasi beragama bagi pejabat struktural dan fungsional di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (17/9).

Kegiatan di Aula Amal Bakti I Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar dihadiri dan langsung bertindak sebagai narasumber Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nizar Ali.

Dalam kesempatan itu Sekjen Kemenag menjelaskan bahwa saat ini ada tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia yaitu, tantangan keberagamaan dan kebangsaan. Ada tantangan yang harus dicarikan solusinya. Menurut Sekjen, permasalahan ini penting dicarikan solusinya jika ingin menciptakan harmonisasi di tengan-tengah masyarakat. Maka tawarannya itu tidak lain adalah moderasi beragama.

Kementerian Agama menilai moderasi beragama merupakan salah satu solusi menyelesaikan persoalan keberagamaan dan kebangsaan yang dihadapi Indonesia saat ini. Moderasi beragama pada dasarnya menghadirkan negara sebagai rumah bersama yang adil dan ramah bagi bangsa Indonesia untuk menjalani kehidupan agama yang rukun, damai, dan makmur. Indonesia memang bukan negara berlandaskan agama, tetapi ibadah sesuai dengan keyakinan agama masing-masing. Maka, ini harus dihargai dalam sebuah kesepakatan nasional.

“Sejak tahun 2019, Kementerian Agama sudah menyusun konsep moderasi beragama yang masuk dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional),” kata Nizar.

Penguatan moderasi beragama ini menghadirkan seluruh pejabat eselon III di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar, Kakan Kemenag se-Sumatera Barat bersama Kasubbag TU, Kasi, Kepala Madrasah dan Kepala KUA, Penghulu dan Penyuluh se-Kota Padang. (helda)

Tags: ,