Penguatan Peran Pemuda Kelurahan dan Organisasi Kepemudaan di Kota Solok

Penguatan Peran Pemuda Kelurahan dan Organisasi Kepemudaan di Kota Solok

Solok (InfoPublikSolok) – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solok melalui Bidang Pemuda pada Seksi Pemberdayaan Kelembagaan Pemuda telah mengadakan sosialisasi Penguatan Pemuda Kelurahan dan Organisasi Kepemudaan (OKP) di 13 Kelurahan di Kota Solok. Sosialisasi diikuti oleh masing-masing 50 orang peserta yang terdiri dari perwakilan pemuda-pemudi dan OKP di setiap Kelurahan, telah berkahir, Senin (21/10) siang, di Aula Kelurahan Laing.

Kegiatan sosialisasi dilakukan sejak tangal 25 September hingga 21 Oktober 2018 disetiap Kelurahan. Narasumber yang didatangkan dari tokoh kepemudaan dan DPD KNPI Kota Solok diantaranya, Diki Asnur, M.Pd, Herdiyulis, SH. MH, Ramadhani Kirana, SE. MM dan Fauzi Rusli, MM.

Saat acara penutupan di Kelurahan Laing dihadiri langsung oleh Kepala Lurah Laing, Mukhrison, SH, Kepala Seksi Pemberdayaan Kelembagaan Pemuda Dispora Kota Solok, Ir. Jon Rifanos dan Narasumber dari DPD KNPI Kota Solok, Diki Asnur, M.Pd.

Dalam laporan Kepala Seksi Pemberdayaan Kelembagaan Pemuda, Ir. Jon Rifanos menyebutkan, maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada pemuda dan OKP di Kota Solok tentang bahaya penyalahgunaan media sosial di era digital sekarang. Sosialisasi ini mengakat tema ‘Nasionalisme Pemuda di Era Digital’.

Sementara Lurah Laing, Mukhrison, SH mengaku cemas melihat situasi peredaran berita-berita yang tidak benar/hoax yang marak beredar di internet saat ini.

“Melalui sosialisasi ini kita kembali mencoba mengajak generasi muda agar lebih bijaksana serta meluruskan berita yang tidak benar itu. Jika pemuda tidak berperan aktif melawan hoax ini maka akan bertambahlah korban hoax tersebut, tentu kita tidak inginkan hal ini terjadi” ujar Mukhrison.

Diki Asnur, M.Pd selaku narasumber dalam materinya mengatakan, “hoax itu bahaya laten yang akan merusak masa depan dan memecah belah bangsa dan negara kita. Hoax itu tidak jauh berbeda dari yang namanya narkoba yang sama-sama merusak pola pikir pemuda-pemudi kita. Pencegahan dari awal melalui kegiatan sosialisasi ini adalah kunci untuk menangkal hoax.” pungkasnya. (ep)

Tags: , , ,