Penguatan Peran Pemuda Kelurahan dan Organisasi Kepemudaan (OKP)

Penguatan Peran Pemuda Kelurahan dan Organisasi Kepemudaan (OKP)

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solok melalui Bidang Pemuda pada Seksi Pemberdayaan Kelembagaan Pemuda kembali mengadakan sosialisasi Penguatan Pemuda Kelurahan dan Organisasi Kepemudaan (OKP) di 6 Kelurahan, Kecamatan Tanjung Harapan di Kota Solok.

Sosialisasi diikuti oleh masing-masing 50 orang peserta yang terdiri dari perwakilan pemuda-pemudi dan OKP di setiap Kelurahan, telah berkahir, Jumat (05/04/2019) siang, di Aula Pertemuan, Kelurahan Koto Panjang.

Untuk tahun ini sosialisasi Penguatan Pemuda Kelurahan dan Organisasi Kepemudaan (OKP) dilaksanakan di setiap kelurahan. Tahap pertama dilakasankan di Kecamatan Tanjung Harapan. Selanjutnya tahap dua setiap kelurahan di Kecamatan Lubuk Sikarah.

Kegiatan sosialisasi dilakukan sejak tangal 28 Maret hingga 05 April 2019. Narasumber yang didatangkan dari tokoh kepemudaan dan DPD KNPI Kota Solok diantaranya, Diki Asnur, M.Pd, Herdiyulis, SH. MH, Ramadhani Kirana, SE. MM dan Fauzi Rusli, MM.

Saat acara penutupan di Kelurahan Koto Panjang dihadiri langsung oleh Sekretaris Lurah Koto Panjang, Kepala Seksi Pemberdayaan Kelembagaan Pemuda Dispora Kota Solok, Ir. Jon Rifanos dan Narasumber dari DPD KNPI Kota Solok, Fauzi Rusli, MM.

Dalam laporan Kepala Seksi Pemberdayaan Kelembagaan Pemuda, Ir. Jon Rifanos menyebutkan, maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada pemuda dan OKP di Kota Solok tentang bahaya penyalahgunaan media sosial di era digital sekarang dalam tantangan demokrasi di Indonesia. Sosialisasi ini mengakat tema ‘Transformasi Pemuda Dalam Menjawab Tantangan Demokrasi’.

Fauzi Rusli, MM selaku narasumber dalam materinya mengatakan dalam demokrasi hoax salah satu tantangan dari demokrasi. Merupakan bahaya laten yang akan merusak masa depan dan memecah belah bangsa dan negara.

“Hoax itu tidak jauh berbeda dari yang namanya narkoba yang sama-sama merusak pola pikir pemuda-pemudi kita. Pencegahan dari awal melalui kegiatan sosialisasi ini adalah kunci untuk menangkal hoax,” ucapnya.

“Dalam hitungan hari nanti negara kita akan menghadapi pesta akbar yaitu Pemilahan Umum dimana salah satunya memilih Presiden dan Wakil Presiden. Sebagai pemuda diharapkan menyumbangkan suaranya dalam berdemokrasi, jangan sampai kita menjadi golput pada pemilu kali ini. Suara anda sebagai pemuda yang menentukan masa depan negara ini,” pungkasnya. (ep)

Tags: , , ,