Pengukuhan Pengurus ORARI Lokal Solok Periode 2020-2023

Pengukuhan Pengurus ORARI Lokal Solok Periode 2020-2023

Solok, (InfoPublikSolok) – Organisasi Amatir Radio Republik Indonesia (ORARI) lokal Solok menyelenggarakan pengukuhan Pengurus ORARI Lokal Solok masa bakti 2020-2023 di Aula SMP 2 Kota Solok, Kamis (25/11/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma, SH, Kepala Balai Monitor (Balmon) Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Padang, Zainullah Manan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi yang diwakili Kabid IKP, Yon Hasdian, SH, serta Pengurus ORARI Sumatera Barat.

Pengukuhan yang ditandai dengan penyerahan bendera pataka ORARI oleh Ketua ORARI Sumatera Barat yang diwakili oleh, Dedi Yanto Lani kepada Ketua ORARI Lokal Solok Nasril In Dt Malintang Sutan, SH, disaksikan juga oleh seluruh Pengurus Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI) Solok Masa Bakti 2020-2023 diantaranya Firman dan Desnur (Wakil Ketua), Masrul (Sekretaris), Nefri (Wakil Sekretaris), Jaziarni Rusti (Bendahara) dan Ade Ridho (Wakil Bendahara).

Selanjutnya untuk Ketua Bidang Organisasi, Suwandi, Ketua Bidang Operasi Teknik, Muharyanto, Ketua Bidang Keanggotaan, Evan Yulia, sementara Ketua Bagian Pendidikan, Zulfikar, Ketua Bagian Operasi, Abdurrahman, Ketua Bagian, Ramli Iswandi dan Ketua Bagian Humas, Afdal.

Keberadaan ORARI merupakan wadah bagi masyarakat yang memiliki hobi komunikasi radio dan teknik elektronika. Berkaca dari sejarah kemerdekaan peran radio amatir  Indonesia sangat strategis dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, antara lain sebagai alat komunikasi para pejuang kemerdekaan dan menyiarkan proklamasi ke seluruh dunia.

Sehingga pemerintah merasa perlu untuk mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 21 tahun 1967 tentang Radio Amatir di Indonesia yang menjadi dasar berdirinya ORARI.

Ketua ORARI Lokal Solok, Nasril In Malintang Sutan, SH mengungkapkan saat ini ORARI Lokal Solok telah beranggotakan sebanyak 110 orang.

“Alhamdulillah keberadaan ORARI juga mendapat dukungan dari pemerintah, dimana tahun 2021 telah dikucurkan dana sebesar 90 juta rupiah lebih untuk kebutuhan operasional ORARI Lokal Solok,” ungkapnya.

ORARI Lokal Solok hingga saat ini tetap eksis dalam menunjukkan keberadaannya serta menjalankan fungsinya secara berkesinambungan.

“Setiap ada kegiatan di daerah, ORARI selalu ikut berperan ditengah-tengah masyarakat terutama dalam hal kebencanaan. Sebagai bentuk peran aktif anggota ORARI di Solok khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya, kita selalu aktif tiap malam dengan melakukan check in net di frekuensi 14.555.00,” tambah Nasril In.

Sementara itu, Ketua DPRD Hj. Nurnisma, SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa DPRD sebagai representasi dari masyarakat Kota Solok berharap agar sinergitas antara Pemerintah Daerah Kota Solok dengan ORARI lebih ditingkatkan lagi demi kemajuan dan pembangunan Daerah.

Selain itu, lanjutnya, di era digital ini, anak-anak tidak lagi tertarik dengan dunia penyiaran dan lebih tertarik kepada gawai atau handphone-nya, hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah bersama untuk melakukan sosialisasi agar generasi muda mengerti akan manfaat radio komunikasi.

“Saya secara pribadi sangat bangga akan ORARI Solok yang masih eksis dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang positif terutama di Kota Solok ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua ORARI Daerah Sumatera Barat yang diwakili oleh Dedi Yanto Lani mengucapkan selamat dan sukses kepada semua pengurus yang dilantik. Kiprah anggota ORARI dan keberadaannya untuk berkomunikasi saat ini sudah dapat dirasakan. Ia berharap keberadaan ORARI terus dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

“Saat ini ORARI perlu lebih eksis lagi dan bukan hanya sebatas organisasi hobi semata, tetapi bagaimana organisasi ini dapat melaksanakan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat, dan kami juga berharap organisasi ORARI dapat menjadi organisasi sosial yang betul-betul berguna untuk bangsa dan negara,” pungkasnya.