Pengukuran Tingkat Kebugaran ASN Kota Solok

Pengukuran Tingkat Kebugaran ASN Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan Kota Solok mengadakan kegiatan pengukuran kebugaran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lapangan Merdeka, Jum’at (5/7/2019) pagi. Kegiatan ini diikuti oleh 5 orang perwakilan dari 19 OPD.

Sekretaris Dinas Kesehatan, Dra. Dessy Syafril, Apt. MPH, menyampaikan, tujuan dari kegiatan pengukuran kebugaran jasmani ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran ASN dalam bekerja di pemerintahan dan untuk mengetahui aktivitas apa yang boleh dilakukan oleh peserta setelah diketahui tingkat kebugarannya.

“Pengukuran kebugaran jasmani bagi ASN bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan perilaku bagi aparatur untuk meningkatkan kesehatannya dengan disiplin melakukan latihan fisik atau olahraga disertai dengan pengukuran atau tes kebugaran secara berkala. Untuk itu, diperlukan kegiatan orientasi dan praktek (tes kebugaran) kepada ASN,” jelas Dessy.


Sebelum melaksanakan tes kebugaran, para peserta harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk memperoleh nomor dada, setelah itu peserta langsung diukur tensi dan nadinya, kemudian peserta diberikan sarapan ringan yaitu buah pisang.

Selesai sarapan ringan, peserta dipandu untuk melakukan peregangan otot terlebih dahulu, berikutnya dilanjutkan dengan pengukuran kebugaran berupa Lari atau Rock Port yaitu mengukur waktu tempuh lintasan sepanjang 1,6 Km dilihat dari umur dan jenis kelamin.

Setelah menyelesaikan aktivitas lari setara dengan 4 putaran Lapangan Merdeka, peserta diberi waktu 5 menit untuk istirahat kemudian diukur kembali nadi dan tensi peserta, jika nadi dan tensi peserta ada yang tinggi maka langsung akan diberikan penyuluhan oleh Dokter mengenai olahraga apa yang boleh dilakukan sesuai dengan tingkat kebugaran peserta tersebut.


Setelah seluruh proses pengukuran kebugaran selesai dilaksanakan, peserta selanjutnya diberi sarapan berat seperti lontong dan nasi goreng.

Turut hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan ini, Kepala Seksi Kesling Kesja OR, Despa Wildawati, SKM beserta staf, Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Niko Rianda Putra, MKM dan Kepala Seksi Sumber Daya Kesehatan, Wendri Herman, MKM. (es)

Tags: , , ,