Pengurus LKKS Kota Solok Ikuti Bimbingan Pemantapan

Pengurus LKKS Kota Solok Ikuti Bimbingan Pemantapan

Solok, (InfoPublikSolok) – Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kota Solok mengadakan acara “Bimbingan Pemantapan Pengurus Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS)  Kota Solok yang dilaksanakan pada hari Senin (10/12), bertempat di  Aula Kantor Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kota Solok.

Acara bimbingan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Ketua I Lembaga Koordinasi kesejahteraan Sosial (LKKS)  Kota Solok Ny.  Elfia Reinier, dengan menghadirkan narasumber Dra.  Hj.  Indarefis Sekretaris Lembaga Koordinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Sumatera Barat. Peserta pada acara bimbingan ini adalah pengurus LKKS dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM)  se-Kota Solok.

Ny.  Elfia Reinier dalam sambutannya mengatakan “Pembangunan kesejahteraan sosial merupakan bagian dari pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Paradigma pembangunan ini ditandai dengan mitra partisipatif dimana kedudukan masyarakat memiliki bobot yang sama pentingnya dengan pemerintah sebagai agen pembangunan,” jelasnya.

Lanjutnya, “Masyarakat dengan berbagai lapisan makin meningkatkan peran dan fungsinya sebagai pelaku pembangunan kesejahteraan sosial karena secara faktual permasalahan sosial cenderung semakin meningkat.  Untuk itu diperlukan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka meningkatkan keaejahteraan sosial masyarakat,” harapnya.

Roslina selaku Ketua Pelaksana  menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan,  memotivasi dan memacu kinerja pengurus serta memberikan pembekalan tentang tugas-tugas pengurus sekaligus penguatan bagi pengurus Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial dan  Organisasi Sosial agar mampu melaksanakan pelayanan yang baik sesuai dengan karakteristik pelayanan sosial.

Dra.  Hj.  Indafelis,  dalam pemaparannya mengatakan “Fungsi Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial adalah menghimpun dan menginformasikan data tentang kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial, mengembangkan jejaring koordinasi dan kerjasama,  meningkatkan peranan sebagai mitra kerja pemerintah daerah serta memperjuangkan kebijakan tentang kesejahteraan sosial dan pembangunan sosial,” jelasnya.

Lanjutnya,  “Meningkatkan Lembaga Kesejahteraan Sosial koordinatif dengan membentuk Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya)  di kelurahan.  Dengan membangun Posdaya  bertujuan sebagai jaringan pemberdayaan sosial yang dikelola oleh masyarakat sehingga mendorong perilaku masyarakat untuk mau kerja keras melalui pendidikan,  kesehatan,  sosial,  wirausaha dan bina lingkungan”. (mf)

Tags: , , , , , , , ,