Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Pengusulan Kampung Iklim, DLH Kota Solok Koordinasi dengan DLH Provinsi

Pengusulan Kampung Iklim, DLH Kota Solok Koordinasi dengan DLH Provinsi

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok yang diwakili oleh Feldy Jumairi,S.Hut, Sub Koordinator Kegiatan Pengendalian Dampak Lingkungan Ahli Muda, beserta staf mengunjungi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat dalam rangka koordinasi pengusulan kampung iklim Kota Solok tahun 2024, selasa (21/11).

Kedatangan DLH Kota Solok disambut baik oleh Devi Hendra, S.Si,M.Si, selaku Sub Koordinator Pemeliharaan Lingkungan Pedal Ahli Muda.

Program Kampung Iklim (Proklim) merupakan program gerakan nasional yang diluncurkan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang dilakukan oleh sebuah aksi keterlibatan masyarakat dalam upaya melakukan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta penurunan Gas Rumah Kaca (GRK) sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan sesuai dengan kondisi suatu wilayah.

Kampung Iklim merupakan model pengelolaan kawasan yang ramah lingkungan, yang mengembangkan konsep pengurangan risiko bencana akibat perubahan iklim melalui upaya adaptasi dan mitigasi serta dapat memenuhi kebutuhan harian, seperti pangan.

“Seperti mandat dari pusat jadi kabupaten dan kota diminta mengusulkan kampung proklim di masing-masing daerah. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi untuk maju tingkat nasional. Ini bukan kejuaraan tapi lebih mengedukasi kepada masyarakat tentang arti pentingya kita mengelola lingkungan,” jelas Afni Widya, SP salah satu staf yang ikut dalam kunjungan ini.

Inisiatif masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sangat dibutuhkan untuk program ini untuk meningkatkan pembangun wilayah mereka sebagai kampung hijau dan juga mengelola sampah di sekitar mereka, tambahnya.

Kedepan Proklim ini menjadi bagian salah satu syarat dalam penilaian Adipura terutama dengan mengikutsertakan wilayah perkotaan dalam melakukan aksi adaptasi maupun mitigasi. Hal ini menjadi tantangan yang serius bagi wilayah perkotaan bagaimana mempersiapkan adanya kelembagaan serta konsisten didalam penerapan aksi-aksi seperti bank sampah, KTW dan lain sebagainya. (Ns/Ndy)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan