Penilaian dan Pembinaan Dasawisma Mawar 7 Kelurahan Kampung Jawa

Penilaian dan Pembinaan Dasawisma Mawar 7 Kelurahan Kampung Jawa

Solok, (InfoPublikSolok) – Tim penilai Dasawisma berprestasi tingkat Kota Solok laksanakan penilaian sekaligus pembinaan di Dasawisma Mawar 7 RT 01/ RW 05 Kelurahan Kampung Jawa, Kamis (30/9).

Penilaian Dasawisma berprestasi yang dilaksanakan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Solok yang diketuai oleh Dra. Suryati beserta rombongan Ketua Pokja I , II, III dan Ketua TP-PKK Kecamantan Tanjung Harapan, Ny. Rena Zulkarnain.

Kedatangan rombongan tim penilaian ini disambut oleh anggota Dasawisma Mawar 7 didampingi Kasi Kesra Kelurahan Kampung Jawa dan Wakil Ketua TP-PKK Kelurahan Kampung Jawa beserta pengurus, Ketua RT01/RW05 dan Anggota Linmas setempat.

Dalam penyambutannya, Wakil Ketua TP-PKK Kelurahan Kampung Jawa, Atris Heldayanti memaparkan, kegiatan yang telah dilakukan oleh TP-PKK Kelurahan terhadap kelompok Dasawisma Mawar 7.

“Ucapan selamat datang kepada ketua tim beserta rombongan yang akan menilai Dasawisma Mawar 7. Apa yang ditampilkan oleh Dasawisma Mawar 7 merupakan tampilan Kelurahan Kampung Jawa saat ini, sebab Dasawisma Mawar 7 merupakan Dasawisma terbaik utusan Kelurahan Kampung Jawa,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Dra. Suryati sebagai Ketua Tim Pembina PKK Kota Solok dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk melakukan pembinaan sekaligus penilaian oleh PKK Kota disamping pembinaan yang telah dilakukan oleh Tim Pembina PKK Kecamatan dan Tim Pembina PKK Kelurahan.

Lebih lanjut Suryati menjelaskan, penilaian ini merupakan kegiatan rutinitas dan program khusus dari Sekretariat PKK Pusat sampai ke PKK Kab/Kota, Kecamatan dan Kelurahan. Penilaian ini menitik beratkan bagaimana Tim Pembina PKK bisa menggerakkan kegiatan mulai dari TP-PKK RT, RW, Kelurahan Kecamatan, Kab/Kota, Provinsi dan Pusat, sehingga 10 program PKK bisa terealisasi dengan baik di semua bidang.

“Dengan adanya Dasawisma mempermudah tugas dari PKK dalam menjalankan tugas dan fungsinya serta bisa mendata masyarakat di Kelurahan dan memudahkan pemerintah daerah dalam melaksanakan pendataan, karena Dasawisma merupakan ujung tombaknya PKK,” jelas Suryati.

Sementara itu, dalam ekspose yang dibacakan oleh ketua Dasawisma Adriyeni memaparkan, kegiatan Pokja I, II,III dan IV selama tahun 2021. Selain adanya kerjasama dengan TP PKK Kelurahan, Dasawisma Mawar 7 juga mendukung 10 program Pokok PKK dengan prinsip partisipasi masyarakat.

Dalam penilaian ini selain pemeriksaan administrasi, juga melaksanakan penilaian ke lapangan dengan mengunjungi rumah-rumah anggota Dasawisma oleh Pokja III dan dilanjutkan dengan tanya jawab antara tim penilai dengan anggota Dasawisma mencakup kegiatan Pokja I, II dan IV yang mereka terapkan di Dasawisma Mawar 7. (Shan)